Biro Pembangunan Dan Lingkungan Hidup Gelar FGD Jaring Aspirasi Warga

BERITA, JAKARTA26 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Biro Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda Provinsi DKI Jakarta menggelar Forum Grup Discussion (FGD) di Ruang Rapat Lantai V Blok G Gedung Balai Kota, Kamis (11/5).

FGD ini mengundang akademisi, praktisi dan asosiasi membahas tentang persepsi masyarakat terhadap trotoar dengan penghijauan dan strategi pencapaian di Jakarta.

Kepala Biro Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Iwan Kurniawan mengatakan, FGD digelar dalam rangka menindakanjuti hasil kuisioner berjudul persepsi masyarakat terhadap trotoar dengan penghijauan dan strategi pencapaian yang telah disebar pada tanggal 12 April hingga 2 Mei 2023. Ini juga sejalan yang sudah digalakkan dan dicanangkan baik tingkat nasional dan Pemprov DKI Jakarta.

“Selama 20 hari, sebanyak 2.474 responden berhasil terjaring dalam pengisian kuisioner yang mayoritas berharap adanya trotoar luas dan penanaman pohon, serta memberikan keinginan masyarakat untuk mau berjalan kaki menuju area transit,” ujar Iwan Kurniawan, Kamis (11/5).

Ia mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta juga sedang merevisi Perda RTRW sehingga masukan ini bisa menjadi usulan kebijakan untuk perubahan Jakarta yang lebih baik.

“Kegiatan FGD digelar untuk merumuskan kembali hasil kuisioner dengan mengundang akademisi dari sejumlah perguruan tinggi, tim penilai ahli, praktisi dan beberapa asosiasi profesi yang mendukung pengembangan lingkungan hidup dalam satu kota,” ungkapmya.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan masukan bagi Pemprov DKI Jakarta, bagaimana persepsi masyarakat yang sudah dihimpun melalui kuisioner agar pembangunan di Jakarta terintegrasi dan menghadirkan banyak ruang hijau.

”Serta mendukung mobilitas pergerakan pejalan kaki dengan fasiltas trotoar dan mengurangi kemacetan dengan beralih dari kendaraan pribadi ke sarana transportasi massal,” tandasnya.

210