Penyembelihan 249 Hewan Kurban Di Kepulauan Seribu Sudah Lalui Pemeriksaan

BERITA, JAKARTA28 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Kabupaten (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu mendata sebanyak 249 hewan kurban telah disembelih pada Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah. Seluruh hewan tersebut sudah dilakukan pemeriksaan.

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, dari 249 hewan kurban sebanyak 75 ekor di antaranya sapi. Sedangkaan sisanya sebanyak 63 ekor kambing dan 112 ekor domba.

​​​​​​”Pemotongannya tersebar di sepuluh pulau permukiman dari dua kecamatan se-Kepulauan Seribu. Pemotongan dimulai Minggu sampai Senin kemarin,” ujarnya, Selasa (12/7).

Dirincikan Devi, wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan di Pulau Untung Jawa sebanyak enam ekor sapi, enam ekor kambing dan empat ekor domba.

Kemudian Pulau Pari (dua ekor sapi, satu ekor kambing, dan empat ekor domba), Pulau Tidung (20 ekor sapi, 22 ekor kambing, dan 16 ekor domba), dan Pulau Pramuka (13 ekor sapi, tiga ekor kambing, dan delapan ekor domba).

Untuk wilayah Kepulauan Seribu Utara, yaitu Pulau Panggang (12 ekor sapi, 10 ekor kambing, dan 12 ekor domba), Pulau Kelapa (10 ekor sapi, tujuh ekor kambing, dan 47 ekor domba), Pulau Kelapa Dua (tiga ekor sapi dan satu ekor kambing), Pulau Harapan (lima ekor sapi, dan delapan ekor domba) Pulau Sabira (dua ekor sapi dan dua ekor kambing).

“Kita pastikan hewan kurban sudah melalui pemeriksaan. Ada 17 kilogram organ afkir karena cacing hati dan pneumonia yang diamankan petugas,” tandasnya.

210