by

Maya Rumantir Anggota DPD RI Berkunjung Ke RSU GMIM Bethesda, Serap Aspirasi Karyawan

Berita Tomohon, www.olnewsindonesia.com

Salah satu anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) periode 2019-2024 yaitu Dr Maya Rumantir MA PhD berkesempatan saat Reses mengunjungi RSU GMIM Bethesda Tomohon pada hari rabu & kamis sore tanggal 9 & 10 maret 2022.

Liputan Video Pertama

Saat bertatap muka dengan karyawan beliau mendengar langsung beberapa karyawan menyampaikan permasalahan yang ada di RSU GMIM Bethesda, sejak digantinya secara mendadak oleh Yayasan Medika GMIM yaitu Direktur dr. Ramon Amiman serta kedua wakil direktur pada tanggal 12 Januari 2022 dan bahkan RSU GMIM Bethesda beberapa hari sebelumnya harus mengalami pemblokiran rekening keuangan rumah sakit oleh yayasan.

Tentu kesulitan-kesulitan yang dialami oleh rumah sakit dan karyawan yang muncul kemudian akibat dampak kekisruhan tersebut semuanya diungkapkan kepada Senator RI Maya Rumantir.

Keprihatinan membuat Maya Rumantir sangat bersimpati mendengar karyawan berbicara, “Saya mendengar ada yang menyampaikan bahwa pembayaran gaji karyawan tidak berjalan semestinya, juga kesulitan dana operasional diluar gaji. Dampak dari pemblokiran rekening oleh Yayasan Medika tersebut sangat tidak manusiawi, karena karyawan berhenti mendapat pelayanan makan. Hal parah lainnya yaitu asupan gizi makanan untuk pasien kini tidak lagi sesuai standar karena hanya mampu nasi, telur, tahu, tempe dan sambal,” kata Maya.

Liputan Video Kedua

Itulah sebabnya spontan karyawan membentuk Posko GPRS (Gerakan Peduli Rumah Sakit) Bethesda dengan menerima apapun simpati masyarakat baik natura maupun dana, termasuk melakukan aksi penggalangan dana dari pengguna jalan raya di depan rumah sakit.

Bantuan itulah yang sekarang digunakan untuk memenuhi kebutuhan makanan pasien walaupun tidak bisa maksimal karena terbatas jumlahnya, sebab tidak hanya digunakan untuk bahan makanan tetapi juga pembelian air minum galon per hari puluhan jumlahnya dan juga kebutuhan utama lainnya.

“Maksud saya datang ke tempat ini pada dasarnya dalam rangka reses  atau menyerap aspirasi yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan rumah sakit. Namun ternyata ada hal lain yang disampaikan secara terbuka,” ujar Maya.
Sebagai anggota Komite III DPD RI membidangi kesejahteraan rakyat Maya Rumantir menyatakan berkewajiban memperhatikan pada hal-hal menyangkut kemanusiaan, namun tetap menghargai penyelesaian internal yang bijaksana.

Wujud dari keprihatinan bagi Maya Rumantir tidak cukup dengan mendengar namun perlu direspon dengan melihat ke ruangan-ruangan yang ada di RSU GMIM Bethesda Tomohon, memastikan pelayanan tetap diutamakan dengan baik walaupun dalam situasi yang tidak biasa.

Hal ini dilakukan keesokan harinya pada hari kamis sore (10/02/2022), pertama mengunjungi ruang perawatan di Pav. Bethesda, kemudian ruangan ICU, lalu ke ruangan Haemodialisa. Maya Rumantir juga melihat langsung dapur untuk melihat makanan yang disediakan bagi pasien memang sangat minim menunya, kemudian berbincang langsung dengan karyawan bagian dapur. Ruang terakhir yang dikunjungi adalah ruang bayi.

Sebelum pulang beliau menyempatkan diri berfoto dengan karyawan di taman patung pendiri RSU GMIM Bethesda Tomohon yaitu Ds. A.Z.R. Wenas dan pintu utama rumah sakit serta posko GPRS Bethesda.

Arnold WK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.