by

Masyarakat Desa Nambo Gelar Pesta Rakyat Sedekah Bumi Tahunan, Mensyukuri Hasil Bumi

Berita Klapanunggal, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Desa Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Masyarakat Nambo melaksanakan Perayaan yang telah menjadi tradisi setiap tahunnya, yaitu Upacara Sedekah Bumi berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam.

Upacara Sedekah Bumi merupakan salah satu upacara adat berupa prosesi seserahan hasil Bumi dari masyarakat kepada Alam. Upacara ini biasanya ditandai dengan Pesta Rakyat yang diadakan di balai desa atau di lahan pertanian maupun tempat-tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat.

Upacara tersebut biasanya sudah berlangsung turun temurun dari nenek moyang atau leluhur, dan berkembang di Pulau Jawa, terutama di wilayah yang kuat akan budaya agraris.

Masyarakat Desa Nambo pu tak luput untuk menggelar acara tahunan tersebut untuk mensyukuri atas nikmat dari maha kuasa atas Hasil Bumi dari Alam.

“Ini adalah acara sedekah bumi yang memang tiap tahun diadakan pada bulan maulid nabi oleh masyarakat Desa Nambo,” ucap Nanang SE selaku Kepala Desa Nambo, Rabu (12/11/2022).

Dalam acara yang biasa disebut Pesta Rakyat tersebut, Masyarakat Nambo menyelenggarakannya bertujuan untuk mensyukuri kepada Allah SWT atas Hasil Bumi dari Alam yang dimanfaatkan oleh seluruh warga.

Lalu dengan Acara tersebut Masyarakat Nambo bersyukur atas Hasil dari Bumi berupa Hasil Pertanian, Usaha Berdagang dan Usaha-usaha yang lainnya.

“Ini adalah merupakan tujuan dari masyarakat Nambo yang memang sudah dari leluhur kita dilaksanakannya setiap tahunnya dengan acara saklar,” tutur Nanang.

Pada Acara Sedekah Bumi tersebut atau biasa disebut Pesta Rakyat seluruh masyarakat Nambo sangat antusias dan apresiasi baik dengan materi atau pun tenaga.

“Masyaraka sangat apresiasi baik dalam subangsi materi, uang ataupun bantuan-bantuan yang lainnya maupun fikiran dan tenaganya sehingga acara ini berjalan dengan baik, sukses, dan lancar,” ungkap Kades Nanang.

Harapannya kedepan untuk kegiatan tersebut kepada para pemuda-pemudi dan seluruh masyarakat agar bisa bahu membahu meningkatkan Hasil Bumi maupun membangun Desa Nambo lebih baik dan maju lagi.

210