by

Penguatan Pos Polisi Pariwisata, Kapoldasu Jamin Rasa Aman Bagi Wisata Ke Danau Toba.

Berita Karo.OLNewsindonesia.Senin(12/04/21)

Dalam rangka memberikan dan menjamin rasa aman bagi daerah destinasi super prioritas Pariwisata Danau Toba, Polri khususnya Polda Sumatera Utara menambah penguatan pengamanan melalui pendirian unit markas Pos Polisi Pariwisata.

Penambahan Pos Polisi Parawisata tersebut, kemudian diresmikan oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. R. Z Panca Putra Simanjuntak, Senin (12/04) 2021 pukul 15.00 WIB, di Desa Ajibata, Kec. Lumbanjulu Kab. Toba Samosir.

Tampak hadir dalam peresmian tersebut, Gubsu Edy Rahmayadi, Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito, Wakajati Sumut Agus Salim, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, Bupati Simalungun JR Saragih, Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus setyo Indriono, SH, Sik dan Bupati sekawasan Danau Toba.

Dalam arahannya, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. R.Z Panca Putra Simanjuntak menyebutkan, keberadaan unit markas Pos Polisi Pariwisata dalam rangka mendukung program pemerintah yang telah menetapkan lima destinasi super prioritas Pariwisata, salah satunya Danau Toba.

Ket foto : Bupati Karo Terkelin Berahmana SH MH saat mengikuti acara giat Poldasu di Desa Ajibata, Toba Samosir,Senin (12/04) 2021 (Ist)
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Berahmana SH MH saat mengikuti acara giat Poldasu di Desa Ajibata, Toba Samosir,Senin (12/04) 2021 (Ist)

Tentu, Polda Sumut dalam menyikapi program tersebut dan seusai konsep sebagai Polri Presisi” atau pemolisian prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan, maka wajib memberikan jaminan keamanan dan memberikan rasa aman bagi pengunjung ke Danau Toba, dasar inilah unit Pos Polisi Pariwisata ada dan hadir ditengah tengah Danau Toba,” ujarnya.

Sekali lagi, tutur Panca Simanjuntak, unit pos Polisi Pariwisata ini mudah mudahan kedepan dapat melayani dan memberikan jaminan rasa keamanan, sebab unit Pos ini ditempatkan personil dan petugasnya terdiri dari udara dan perairan, sedangkan alat pendukung beroperasinya tugas tugas unit Pos Polisi Pariwisata sudah disiapkan sesuai kebutuhan.

Lebih lanjut, kata Jenderal ini, unit pos Polisi Paraiwisata ini bukan hanya melayani di seputaran Ajibata saja, tadi saat bincang bincang dengan 7 kepala daerah sekawasan Danau Toba, semuanya sepakat mendukung bahwa keberadaan unit pos Polisi Pariwisata akan mengontrol pengamanan seluruh kawasan Danau Toba yang mencakup 7 kepala daerah,”ungkapnya.

Dikesempatan yang sama ,Gubsu Edy Rahmayadi mengucapkan terimakasih kepada Polda Sumut yang telah menunjukkan eksentensinya dalam mendukung program pemerintah dalam destinasi super prioritas Pariwisata khusus daerah Danau Toba, dengan membangun unit Pos Polisi Pariwisata, sebagai jaminan keamanan,” ucapnya.

Jaminan keamanan merupakan penentu utama dalam kemajuan destinasi Pariwisata, karena rasa aman itu kuncinya, jadi saya mendukung langkah Kapoldasu tersebut, sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin nyata,”imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, MH didampingi Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono dan Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto menyatakan sepakat mendukung keberadaan unit Pos Polisi Pariwisata di Ajibata.
Kemajuan Pos Polisi Pariwisata harus disertai komitmen Forkopimda dalam pembersihan Keramba Jaring Apung (KJA) sehingga selaras dan sejalan dengan pengembangan destinasi super prioritas Danau Toba, khususnya di Tongging.

Iya, Forkopimda akan sepakat dan mendukung pengurangan KJA diwilayah Tongging, tadi sudah diminta komitmen kita, iya kita sudah menyatakan itu, saat Rapat di Hotel Niagara Prapat bersama bapak Gubsu dan Kapoldasu , kemudian dilanjutkan peresmian unit Pos Polisi Pariwisata ini,” kata Terkelin.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.