by

Kabupaten Karo Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Peduli HAM

Berita Karo.OLNewsindonesia,Rabu(12/12)

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) merayakan peringatan Hak Asasi Manusia Internasional di Kementerian Hukum dan HAM, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Selasa (11/12) 2018 .

Dalam  kesempatan itu diberikan Penghargaan kepada 271 kabupaten/kota meraih kategori Peduli HAM, dan yang masuk kategori Cukup Peduli ada 75 Kabupaten/kota. Dari 271 Kabupaten/Kota peraih kategori Peduli HAM salah satu nya di terima oleh Kabupaten Karo yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Karo Cory Sebayang.

Sambutan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan saat ini pemerintah dalam mengucapkan salam memakai salam semua agama dan budaya. Menurut JK, upaya pemerintah untuk tidak membeda-bedakan warganya itu demi menjaga toleransi antar sesama manusia.

Yang penting kita harus jaga kehormatan, kalau sekarang pemerintah mengucapkan salam dari mulai Assalamual’aikum sampai Om Swastiastu, itu semuanya cara Indonesia menjaga toleransi “, jelasnya.

Selain itu JK juga mengingatkan pentingnya menghargai hak asasi setiap manusia, “kita harus saling menghargai satu sama lain sehingga setara. HAM juga sudah dibedakan antara hak dan apa kewajiban setiap orang, melaksanakan hak harus sesuai dengan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memberikan penghargaan kepada beberapa Kepala Daerah, atas segala komitmen dan upayanya untuk memenuhi hak-hak dasar warga dan masyarakatnya.

“Tujuannya untuk memotivasi dan mendorong realisasi pemenuhan hak-hak dasar masyarakat oleh pemerintah daerah, terutama dibidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak dan lingkungan yang berkelanjutan”, tukas Yasonna.

Menkumham juga menyampaikan sejumlah rencana yang akan dan telah dilakukan Kemenkumham. Rencana tersebut berupa peningkatan pelayanan publik hingga program kota peduli HAM.

“Sebagai koordinator Sekretariat Bersama RANHAM (Rencana Aksi HAM), kami sampaikan apresiasi terhadap capaian aksi HAM oleh Pemerintah Daerah yang telah mencapai 75 persen, harapannya pada akhir tahun 2018, Pemda terhadap pelaksanaan aksi HAM ini mencapai 100 persen,” kata Yasonna.

Cory Sriwaty Br Sebayang saat crew Olnewsindonesia meminta tanggapannya atas Kabupaten Karo menerima penghargaan ini, ” tentu kita bangga Kabupaten Karo salah satu penerima penghargaan dari Kementrian Hukum dan HAM, semoga Kabupaten Karo juga bisa lebih banyak berkontribusi untuk bangsa dan negara ini, ” singkatnya.

(David )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.