by

Forkopimda Karo Gelar Rapat Karhutla Dipimpin Kapolres Karo

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Forkopimda Karo Gelar Rapat Koordinasi Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Kab. Karo, Kamis (11/08. 2022) pukul 10.40 WIB, di Aula Rapat Kantor Bupati Karo Jl. Jamin Ginting Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo yang dihadiri Forkopimdia Karo mulai dari Bupati Karo yang diwakili oleh Asisten I Pemkab Caprilus Barus, Dandim 0205 TK LETKOL Benny Ambar dan Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar S.H., S.I.K., M.H, memimpin rapat koordinasi.

Dimana kegiatan Rapat koordinasi dilaksanakan untuk pencegahan dan penanganan Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Kab. Karo dengan melibatkan instansi terkait jajaran Pemda Karo.

Dalam kegiatan Rapat Koordinasi Kapolres Tanah Karo mengatakan, agar instansi terkait bersama sama mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kab. Karo, mengingat cuaca saat ini yang kemarau.

Untuk pencegahan dan penanganan dibutuhkan Satgas yang melibatkan instansi terkait untuk melaksanakan peran preventif dan preemtif.

“Camat, Kades, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa untuk tetap bersinergi serta memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan/ hutan,” kata Kapolres.

Hal senada dikatakan Dandim 0205 TK, perlunya untuk dibentuk Satgas Karhutla dan SOP dalam pencegahan dan penanganan Karhutla sampai dengan upaya penindakan bagi pelaku pembakaran

Dari hasil Rapat, akan dilaksanakan Pemetaan Lokasi lokasi Rawan terjadinya Karhutla di wilayah Kab. Karo dan dalam waktu dekat akan dibentuk Satgas Pencegahan dan Penanganan Karhutla Kab. Karo yang beranggotakan TNI POLRI, SAT POL PP, BPBD, DAMKAR, dan MPA serta melibatkan Kepala Desa.

Diketahuinya pada esok hari Jumat, 12 Agustus 2022 mendatang, akan dilaksanakan Apel Siaga Bencana Karhutla bertempat di Mapolres Tanah Karo, sebagai awal upaya kesiapan Instansi terkait dalam menangani bencana Karhutla.

Kegiatan ini juga di hadiri oleh instansi terkait yakni Kabid Penatagunaan Hutan Prov Sumut Joner Sipahutar, Mewakili KPH XV Solahuddin Lubis, Kalak BPBD Jusfri Nadeak dan PJU Polres Tanah Karo mulai Kabag Ops KOMPOL D. Munthe, S.H, Kasat Sabhara AKP E. Tarigan dan Kasat Intelkam AKP Narno.

(David)