DWP BPK RI Belajar Hidroponik Di Agro Wisata Cilangkap

BERITA, JAKARTA77 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Rombongan Dharma Wanita Persatuan Badan Pemeriksa Keuangan (DWP BPK) RI,Senin (9/10), berkunjung ke Agro Wisata Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur. Mereka ok ingin belajar bercocok tanam hidroponik dan Anggrek.

Rombongan yang terdiri dari 18 orang ini disambut Kepala Bidang Pertanian Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI, Mujiati, didampingi Kepala Pusbangbenih dan Proteksi Tanaman, Iwan Indrianto, serta Ketua Sub Kelompok Urusan Pertanian Perkotaan dan Penyuluhan Dinas KPKP DKI Jakarta, Taufik Yulianto

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI, Mujiati menjelaskan, pihaknya mengajak rombongan DWP BPK RI ke Agro Wisata Cilangkap karena tempat ini merupakan pusat pelatihan hidroponik sayur mayur dan buah melon.

“Di sini mereka bisa langsung melihat dan praktik cara bercocok tanam hidroponik dan Anggrek,” kata Mujiati.

Menurutnya, sebelum belajar cara bercocok tanam hidroponik, peserta diajak keliling kebon bibit sekaligus panen. Karena ini merupakan bagian dari edukasi bagi peserta.

Khusus untuk Anggrek, jelas Mujiati, mereka diperkenalkan dengan jenis dendrobium, salah satu jenis Anggrek yang tahan cuaca panas. Edukasi mulai dari kultur, laboratorium sampai proses menjadi Anggrek yang berbunga.

Pihaknya berharap, kunjungan ini jadi inspirasi bagi instansi di tingkat pusat, soal bagaimana bisa melaksanakan kegiatan pertanian di lingkungannya masing-masing dengan jenis tanaman disesuaikan dari kontur wilayahnya.

Diakuinya, kunjungan seperti ini sering terjadi di Agro Wisata Cilangkap dari berbagai kalangan usia. Seperti dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA mahasiswa hingga komunitas atau kelompok masyarakat. Materi disesuaikan dengan usia peserta kunjungan.

Sementara, Ketua Kelompok IX DWP BPK RI, Slamet Kurniawan saat sambutan, menyampaikan terimakasih dan apresiasi pada Dinas KPKP DKI yang telah memberikan kesempatan pada timnya untuk berkunjung ke Agro Wisata Cilangkap. Sehingga bisa belajar berbagai tanaman hidroponik dan Anggrek.

“Kami ucapkan terimakasih pada Dinas KPKP DKI yang telah memfasilitasi DWP BPK RI untuk belajar bercocok tanam. Semoga ilmu yang diberikan ini bermanfaat untuk peserta,” tandasnya.

210