by

Kongres ke-33 Penerbit Internasional, Jakarta Jadi Tuan Rumah

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Jakarta ditunjuk menjadi tuan rumah Kongres ke-33 Penerbit Internasional. Kegiatan yang akan berlangsung pada 10 hingga 12 November 2022 ini dilaksanakan di Fairmont Hotel, Senayan.

Perhelatan hasil kerja sama Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf), dengan International Publishers Association (IPA), Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Komiter Jakarta Kota Buku, dan Jakarta Experience Board (JXB) ini akan diisi dengan seminar yang mengangkat isu-isu dan informasi terbaru seputar industri penerbitan dan perbukuan.

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulisnya mengatakan, penunjukan Jakarta sebagai tuan rumah Kongres Penerbit Internasional ini merupakan hal yang patut dirayakan sebagai hasil kerja sama masyarakat, pelaku industri penerbitan dan pemerintah dalam mengembangkan industri buku dan literasi.

“Hal ini berkaitan langsung dengan tema reading matters, embracing the future, dan komitmen Jakarta setelah terpilih sebagai City of Literature oleh UNESCO,” tuturnya, Rabu, (9/11).

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata menegaskan, pihaknya siap bekerjasama dengan penerbit, kelompok masyarakat, serta relawan literasi untuk kemajuan industri buku dan penerbitan.

“Kami siap bahu membahu mendorong kemajuan industri buku dan penerbitan, baik dalam skala nasional dan internasional,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Komite Jakarta Kota Buku, Laura Prinsloo menambahkan, Jakarta sebagai pusat dan titik awal industri penerbitan Indonesia berkomitmen untuk memastikan bahwa buku memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Jakarta.

“Keberhasilan kongres ini akan menjadi dedikasi Jakarta bagi Indonesia dan dunia, untuk membangun kesejahteraan masyarakat lokal maupun global melalui buku,” pungkasnya.

Jmy