by

Griya Batik Nirmala Gelar Workshop, Peringati Hari Batik Nasional

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Griya Batik Nirmala menggelar workshop batik di RPTRA Nirmala, Jalan Komplek Depkes RW 04 Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (9/10) .

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional ini, dihadiri Putri Batik Cilik DKI Jakarta, Anissa Quinn Deanda.

Ketua Pengelola Griya Batik Nirmala, Sri Sintawati mengatakan, workshop untuk umum ini bertujuan untuk memfasilitasi kalangan pelajar, mahasiswa, dan forum anak yang ingin belajar menciptakan batik, yang merupakan produk budaya asli Indonesia.

“Workshop ini diadakan secara gratis untuk menarik minat para remaja agar mereka lebih mencintai batik. Bagi yang ingin belajar batik bisa langsung datang ke sini,” kata Sinta.

Sinta menjelaskan, kegiatan ini diikuti 60 peserta dari berbagai wilayah. Materi yang diberikan mulai dari menggambar motif, pencantingan, lalu dilanjutkan pemberian warna. Pihaknya juga akan memberikan kenang-kenangan kepada peserta yang memiliki batik yang cantik dan bagus.

“Alhamdulillah para peserta sangat antusias, yang sebelumnya kuota kita hanya 50 peserta teryata melebihi. Antusias yang sangat tinggi, membuat kita ingin menggelar secara rutin,” tuturnya.

Ketua TP PKK Kelurahan Sunter Jaya, Widi Afianti, menyampaikan apresiasi kepada Griya Batik Nirmala yang telah mengadakan workshop batik secara gratis untuk warga Sunter Jaya dan wilayah sekitarnya.

Menurutnya, kegiatan ini akan menambah pengalaman baru kepada peserta, serta dapat mengenalkan budaya asli Indonesia khususnya batik Jakarta.

“Kegiatan seperti sepatutnya untuk diteruskan ke berbagai kalangan dari generasi ke generasi agar budaya asli Indonesia tidak hilang,” ucapnya.

Putri Batik Cilik DKI Jakarta, Anissa Quinn Deanda mengungkapkan, rasa senang telah diajak untuk belajar membatik dan ini merupakan pengalaman baru baginya.

“Saya mengajak untuk teman-teman semua untuk lebih mencintai dan menggunakan batik,” ungkapnya.

Jmy