by

Pemkab Karo Respon Keluhan Warga Terkait Genangan Banjir

 

Tanah Karo,Olnewsindonesia.Sabtu(10/03)

Menyikapi keluhan warga terkait genangan air saat hujan, Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH didampingi Kepala Dinas PUPR, Ir Paten Purba, Camat Kabanjahe  Frans Leonardo Surbakti, SSTP dan Kabid Lingkungan Hidup, Hotman Brahmana gerak cepat merespon keluhan warga Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe dengan turun langsung melihat kondisi drainase.
Mengingat di lokasi yang menjadi keluhan warga terkait genangan air.

Bupati minta Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti bergotong royong dengan warga. “Biasanya air meluber ke badan jalan akibat drainase (parit jalan) tidak berfungsi maksimal. Untuk itu, parit jalan ini harus dibersihkan dari limbah dan sampah warga yang menyumbat parit jalan,” ujarnya.

“Namun, kalaupun nanti parit jalan sudah dibersihkan tapi air tetap meluap ke permukaan badan jalan, mungkin gorong-gorong persimpangan Jalan Kapten Selamat Ketaren ke Gang Ginting Sienterem perlu dibongkar untuk selanjutnya ditinggikan dari sebelumnya, sehingga ruang arus air dibawah gorong-gorong semakin luas, otomatis parit jalan ini berfungsi dengan baik,” papar Bupati Karo .

Senada hal itu, Kepala Dinas PUPR, Ir Paten Purba dan Camat Kabanjahe, Frans Leonardo Surbakti, mengaku gorong-gorong terlalu rendah sehingga mempersempit ruang gerak air yang mengalir, dampaknya gampang sekali limbah hujan meluap ke badan jalan. “Artinya, gorong-gorong Gang Ginting Sienterem ke badan Jalan Kapten Selamat Ketaren harus ditinggikan,” tuturnya.

Penyebab lainnya, diduga sumbatnya persimpangan pertemuan dua parit jalan sehingga saluran untuk genangan air mengalir tidak ada, otomatis pasca hujan, genangan air selalu ada, jelas Paten Purba.

Sementara Camat Kabanjahe, Frans Leonardo Surbakti langsung merespon dan  mengatakan hari Selasa depan, pihaknya akan gotong royong bersama warga, ujarnya.

Warga Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe meminta Dinas PUPR Kabupaten Karo mengatasi genangan air yang selalu terjadi setiap musim hujan.  Genangan air itu tepatnya di depan Gang Ginting Sienterem, Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe.

Salah satu warga setempat, Dasar Ginting mengucapkan terimakasih kepada Bupati Karo yang langsung merespon keluhan warga.
Sebelumnya , Dasar Ginting, Fadli Sinuhaji dan Lasate Ginting warga setempat kepada wartawan, jum’at (9/3)  di Kabanjahe mengatakan sudah lama terjadi genangan air setiap musim hujan. “Bahkan  genangan air kadang terjadi bukan hanya saat hujan, mungkin parit jalan dan parit jalan gang ini sudah tidak berfungsi maksimal lagi,” ketusnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.