Lahan Balai Penyuluh Pertanian Kembangan Ditanami Anggur

BERITA, JAKARTA19 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat bersama Komunitas Anggur Jakarta (KAJ) melakukan penanaman beragam jenis varietas anggur di lahan Balai Penyuluh Pertanian Kembangan (BPPK), Jalan Kembangan Raya, RT 03/03, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Barat, Novy C Palit menuturkan, sebanyak 35 pohon anggur dari berbagai varietas di tanam di lahan BPPK. Penanaman dilakukan menyusul telah rampungnya pembuatan rambatan tanaman anggur di lahan tersebut beberapa waktu lalu.

“Jadi, sepekan lalu rambatan anggur yang kita buat sudah rampung. Dan sejak kemarin sudah kami lakukan penanaman anggur,” ujar Novy, Kamis (8/6).

Dikatakan Novy, penanaman anggur dilakukan di atas lahan seluas 165 meter persegi. Jenis anggur yang ditanam di antaranya, jupiter, ninel, akademik, goz-v, julian, livia, baikonur, heliodor, transfiguratio, taldun dan Portugis dream.

Ditambahkan Novy, penanaman anggur di BPPK sebagai percontohan dan sarana edukasi tentang budi daya tanaman anggur, khususnya bai masyarakat Jakarta Barat.

“Selanjutnya untuk pengelolaan dan perawatan akan dilakukan Sudin KPKP Jakarta Barat. Untuk panen pertama kami perkirakan enam sampai delapan bulan ke depan,” tandas Novy.

210