by

Kodim 0205 Tanah Karo Bentuk Timsus Reaksi Cepat Atasi Bencana Alam

Berita Karo.Olnewsindonesia,Sabtu(09/11)

Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara S.E, selaku Dansatgas Gunung Sinabung pihaknya  berinisiatif membentuk Timsus (tim khusus) Reaksi Cepat (RC) dalam penanggulangan bencana alam, seperti banjir dan longsor.

Maka merealisasikan hal ini pada Jumat (09/11) 2018 di Makodim 0205 Tanah Karo mengundang sejumlah para SKPD terkait membahas pembentukan TIM RC agar cepat terlaksana dan menggelar pelatihan simulasi supaya bencana alam,  seperti banjir dan longsor cepat dapat ditangani dan mudah.

Kegiatan ini untuk  meng – organisir  kesiapan dalam menghadapi longsor maupun banjir, hal ini mengingat cuaca yang cukup ekstrem di Karo karena geografis berada di daerah penggunungan dan jalan yang curam. Sehingga kita perlu Team cepat dalam penanganan itu dengan melibatkan semua pihak, “ujar Taufik.

Adapun langkah kedepannya, Dandim, akan terus  berkoordinasi dengan pemerintah terkait, para SKPD dan stakeholder lainnya. Dengan terbentuknya tim ini, masing masing pihak sudah tau dan memahami apa yang akan di lakukan ketika bencana itu datang, jadi semua pihak harus terlibat supaya kita tidak gagal dalam penanganannya,”jelasnya.

Inisiatif tersebut sangat di apresiasi kepala BPBD Karo, Ir Martin Sitepu melalui Kabid Logistik, Natanail Perangin Angin dan diyakini  ide tersebut akan sangat membantu pihak Pemkab Karo dalam menangani bencana setiap bencana.

Ditambahkan Nail, seperti diketahui, potensi bencana di Kabupaten Karo cukup tinggi khususnya banjir dan longsor. Untuk mengantisipasi ini semua, katanya, harus melibatkan semua stakeholder yang ada, ” tetap kita berkoordinasi terhadap semua stakeholder baik TNI, Polri dalam mengantisipasi disaat bencana datang supaya kehidupan masyarakat tetap berjalan dan roda perekonomian tidak terganggu, “pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni : Suang Karo Karo, (Asisten Pemerintahan ) Kadis Sosial (Benyamin Sukatendel) ,  Kapolres Tanah Karo (AKBP Benny R Hutajulu)  , Kadis perhubungan (Gelora Fajar Purba) , sekretaris BPBD (Natanail Prangin Angin) , Kepala Kesbang  (Tetap Ginting) dan seluruh jajaran Kodim 0205 /TK.

(david)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.