by

DPRD Samosir Gelar Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabupaten Samosir

Pangururan,Olnewsindonesia,Senin (8/1)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samosir Sumatera Utara, gelar rapat paripurna istimewa dalam rangka hari jadi kabupaten Samosir yang ke 14 tahun 2018, Senin (8/1) di kantor DPRD Kabupaten Samosir, Desa Siopat Sosor Kecamatan Pangururan Samosir Sumatera Utara.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kab. Samosir Rismawati Simarmata Dip.hotlier didampingi wakil ketua Drs. Jonner Simbolon, MM dan Nurmerita Sitorus, S.sos

Dalam sambutannya, Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM yang diwakili oleh wakil Bupati Samosir Ir.Juang Sinaga menyampaikan, Bahwa selama empat belas tahun perjalanan kabupaten Samosir, dengan segala agenda dan dinamika yang berkembang serta keberagaman dalam berdemokrasi, kita pantas mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas stabilitas keamanan yang tetap terjaga dengan baik serta kondusif, dengan suasana damai yang indah dan menyejukkan, sehingga penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Foto: Para Pimpinan SKPD/Badan, Camat, Kepala Desa hadiri rapat paripurna istimewa DPRD dalam rangka hari jadi ke 14 Kabupaten Samosir
Foto: Para Pimpinan SKPD/Badan, Camat, Kepala Desa hadiri rapat paripurna istimewa DPRD dalam rangka hari jadi ke 14 Kabupaten Samosir

Demikian halnya dalam kontestasi demokrasi seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pada tanggal 25 November 2017 yang lalu pemilihan kepala Desa serentak gelombang pertama yang dilaksanakan pada 32 Desa se Kabupaten Samosir, telah terlaksana dalam suasana aman, tertib, damai dan lancar, dimana puncaknya pada tanggal 29 desember 2017 telah dilaksanakan pelantikan 32 kepala Desa terpilih pada pemilihan kepala Desa, ujarnya.

Lanjut Juang, Dalam bidang pendidikan sekolah Dasar, kita semua memahami bahwa sekolah dasar negeri di kabupaten samosir sedang kekurangan guru dibandingkan dengan jumlah unit sekolah dasar dana tau rombongan belajar. Untuk mengatasi masalah kekurangan guru tersebut serta guna peningkatan mutu pendidikan, efektifitas serta efisiensi dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar kita sedang mempersiapkan penataan kembali sekolah dasar negeri yang ada di kabupaten Samosir.

Peningkatan ekonomi kerakyatan, secara gradual dan bertahap kita selalu berbenah dan berusaha memberikan stimulan ekonomi, baik melalui bantuan permodalan maupun penyediaan sarana dan prasarana perekonomian. Penataan pasar Desa di Desa Sipira Kecamatan Onan Runggu, penataan pasar panahatan di Kecamatan Palipi, revitalisasi onan baru di kecamatan Pangururan, serta berbagai bantuan sarana ekonomi, bantuan pembinaan usaha kepada para pelaku ekonomi, kita harapkan dapat memberikan dampak penting bagi pelaku UMKM di kabupaten Samosir, pungkasnya.

Berbagai upaya yang telah dilaksanakan pemkab. Samosir dalam rangka peningkatan infrastruktur, seperti Peningkatan jalan lingkar pucuk buhit, Jalan Sosor Dolok menuju menara pandang tele, dan lain lain.

Pemkab Samosir telah mengambil kebijakan utk mengoprasionalkan 2 unit bis perhubungan dengan rute bandara silangit menuju Pangururan dan bandara silangit menuju pangururan dan peningkatan PAD Kab. Samosir khusunya sektor pajak dan retribusi.

Dalam rangka mendukung pariwisata Kab. Samosir diharapkan agar meningkatkan kebersihan kebersihan lingkungan melalui penempatan petugas kebersihan pada pos 2 Destinasi wisata dan pada Kota Pangururan, Nainggolan dan tomok Seraya membenahi taman-taman kita, dan taman pantai Putri Lopian yg diharapkan menambah keasrian dan keindahan Kabupaten Samosir sebagai Kabupaten pariwisata.

Foto :Suasana Rapat Paripurna Istinewa DPRD Kab.Samosir rangka Hari Jadi Ke 14 Tahun Kabupaten Samosir Sumatra Utara.
Foto :Suasana Rapat Paripurna Istinewa DPRD Kab.Samosir rangka Hari Jadi Ke 14 Tahun Kabupaten Samosir Sumatra Utara.

Dibidang penyusunan APBD tahun anggaran 2017 , pemkab Samosir bersama-sama dengan DPRD Kab.Samosir telah berketetapan hati utk menetapkan rancangan perda ttg APBD tahun Anggaran 2018 pada bulan Desember 2017.

Kami atas nama pemerintah kabupaten Samosir, mengucapkan Dirgahayu ke 14 Kabupaten Samosir, semoga kedepan nya Samosir lebih baik lagi, Sehingga apa yang kita inginkan untuk Samosir bangkit, mandiri, dan sejahtera dapat tercapai, ungkapnya

Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Rismawati Simarmata Dip.hotlier, dalam sambutanya mengatakan, dalam pembangunan Kabupaten Samosir yang lebih baik dan mempunyai daya saing, diharapkan kerjasama yang baik antara masyarakat dan Pemerintah, harapnya.

Rapat paripurna istimewa DPRD Samosir delam rangka hari jadi ke 14 kabupaten Samosir, dihadiri Wakil Bupati Ir. Juang Sinaga, Sekdakab. Samosir Drs. Jabiat Sagala, M.Hum, Waka Polres Samosir Kompol. Muliono, Kajari Samosir Edward Malau, SH, MH, Danramil Pangururan Kapt. J. Sitohang, 9 org anggota DPRD, Kapolsek Pangururan Akp. K. Simanjuntak, para Asisten, Pimpinan SKPD, para Camat, para kepala Desa, para Pemrakarsa, BUMN/BUMD Kab. Samosir dan insan pers.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.