by

Didin Wahidin : Pengembang Perumahan Andalusia Harus Konsekuen Dengan Bencana

Berita Gunung Putri, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Camat Gunung Putri, Drs Didin Wahidin M.Si beserta Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor (DPKPP) serta Masyarakat Bojongnangka yang tinggal di Perumahan GBJ 2, memanggil Pengembang Perumahan Andalusia dan meminta untuk konsekuen dengan memperbaiki saluran dan pengairangan.

Saat di konfirmasi, Camat Gunung Putri, Didin Wahidin menjelaskan bahwa kegiatan rapat terkait persoalan tersebut dilaksanakan pada Selasa 6 September kemarin.

“Kita mengundang RT, RW dan warga perumahan GBJ 2, kemudian Kita juga mengundang dari PUPR, DPKPP kemudian dari DLH, ternyata yang hadir hanya dari pengawas bangunan DPKPP” ucap Camat Gunung Putri, Rabu (7/9/2022)

Didin melanjutkan karena kebetulan di desa Cicadas ada launching Desa Tangguh Bencana (DESTANA) akhirnya BPBD ikut hadir juga dirapat tersebut.

“Intinya alhamdulillah kemarin itu ada patungan komunikasi antara RT ,RW dan warga GBJ 2, sama dihadiri dari pengembang perumahan Andalusia ini jadi ada komunikasi” tuturnya,

Didin pun mengatakan, bahwa yang disampaikan oleh warga terkait jebolnya saluran air ke perumahan GBJ 2 yang disebabkan dari perumahan Andalusia, jadi selokan itu seharusnya mengalir kedepan, jangan sampai air tidak mengalir kedepan akhirnya masuk ke Perumahan GBJ 2 . Serta minta pengembang harus membuat turap agar air mengalir langsung ke sungai.

“Pengembang juga harus bikin turap lagi yg nempel dengan akpos ke GBJ 2 agar ditinggikan, supaya air bisa mengalir sampai sungai. Jadi kemarin juga di catat sama RT dan menjadi rekomendasi dari RW juga, dan jadi RW ngawasinnya” jelas Didin.

Saat di pertanyakan penyebab sebenarnya jebolnya Saluran Pengairan dari perumahan Andalusia ke perumahan GBJ 2 tersebut.

“Jadi itu saluran airnya belum terbangun semua, jadi air yang dari atas temboknya itu gak kuat jadi jebol, akhirnya airnya mengalir ke perbatasan dengan GBJ 2 karena gak mengalir ke selokan Andalusia karena pendangkalan masuk ke GBJ 2” ucap Didin.

Lanjutnya, dari hasil rapat, perumahan andalusia akan memperbaiki selokan sama pengairannya juga. Serta Kades Bojong Nangka meminta perumahan andalusia koordinasi ke desa walaupun perumahan Andalusia tersebut tidak masuk ke wilayah bojongnangka.

“Kemarin juga ada Kades Amir meminta perumahan Andalusia koordinasi ke desa Bojongnangka, dan pak kades juga sama-sama mengawasi walaupun itu masuknya ke Desa Cicadas” ungkap Didin menceritakan.

“Saya berharap pengembang konsekuen dengan bencana seperti dibuatkan bak-bak penampung air, kemudian tebingan yang belum dibikin dengan ceker ayam, supaya gak ambrol lagi dan jangan sampai terjadi bencana berikutnya, karena itu sudah terulang ke 3 kalinya,” pungkas Didin.

Rian