by

Kamperas Terkelin : Tingkatkan Kedisiplinan Terhadap Prokes Dibulan Ramadhan

Berita Karo. OLNewsindonesia.Kamis(06/05/21)

Dalam upaya menekan penyebaran Kluster baru pandemi Covid-19 di Tanah Karo, Sekretaris Daerah Kabupaten Karo Drs Kamperas Terkelin Purba mengajak seluruh elemen masyarakat, stakeholder khususnya Insan pers di Kabupaten Karo untuk turut serta melakukan sosialisasi terkait larangan mudik Idul Fitri 1442 H, serta menghimbau untuk tetap mamatuhi protokol kesehatan (Prokes) saat melakukan ibadah di bulan Ramadan dan juga pada saat merayakan Idul Fitri nanti.

Hal tersebut disampaikan Sekda Karo Kamperas Terkelin Purba saat dikonfirmasi wartawan Kamis (06/05) 2021 terkait langkah apa yang dilakukan Pemkab Karo dalam menekan penyebaran Covid-19 di Tanah Karo saat perayaan Lebaran nanti.

Sekda menyebutkan, “tidak bisa kita sukseskan pelarangan mudik ini bila kita tidak bersama dan saling mendukung menyebarkan informasi, karena ini tak bisa dikerjakan sendiri. Dan wartawan adalah salah satunya petugas cipta kondisi yang sesungguhnya,”ungkap Terkelin Purba didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekdakab Karo Frans Leonardo Surbakti, SSTP.

Pada kesempatan tersebut, Sekda juga mengimbau agar masyarakat meningkatkan kedisiplinan terhadap Prokes dalam melakukan ibadah di bulan suci Ramadan dan Idul Fitri, dengan berpedoman pada Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1442 H.

Kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karo, Sekda juga mengimbau agar dapat memperketat mobilitas kendaraan umum dan pribadi di pintu masuk dan keluar sesuai dengan Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Covid -19 Nomor 13 tahun 2021 tentang Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri dan Pengendalian Covid-19 selama Bulan Suci Ramadan 1442 H dengan tetap saling berkoordinasi dengan Instansi terkait.

Diharapkan agar melaksanakan pengetatan dalam memberikan persyaratan bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan keluar kota, dan juga meningkatkan optimalisasi fungsi posko Covid-19  dengan lemah lembut dan santun sesuai dengan etika budaya Karo di Pos Pam yang sudah ditentukan,”harap Sekda ini.

Sementara itu,Amry Kesouma,SP Ketua PJTK (Persadaan Jurnalis Tanah Karo ) mengatakan, bahwa para wartawan baik cetak, elektronik dan online siap mendukung dan melakukan sosialisasi tentang apa yang telah disampaikan Sekda.Insan Pers lah sebagai salah satu mitra dari pemerintah yang siap menyukseskan program kerja pemerintah untuk melakukan sosialisasi melalui media,”ujar Amry.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.