Pemerintahan Desa Gongsol Gelar Sosialisasi Pertanian Dan Ketahanan Pangan

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintahan Desa Gongsol gelar sosialisasi Pertanian dan Ketahanan Pangan sekaligus pembagian pupuk Kompos dan Herbisida ke Petani Desa Gongsol Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo di Jambur (Lost) Gongsol, Kamis (05/10.2023) sekira pukul 10.00 WIB yang dihadiri oleh Camat Merdeka Pendamping Desa, PPL Kecamatan, dan dari Dinas Pertanian serta Badan Pemusyawatan Desa (BPD) Desa Gongsol.

Selaku perwakilan BPD Desa Gongsol Imran Ginting (wakil Ketua BPD) saat dikonfirmasi, menyampaikan,” inilah bantuan Pemerintahan Desa Gongsol berupa pupuk kompos dan mudah mudahan bisa bermanfaat dan membantu meningkatkan hasil Pertanian, nah harapannya untuk kedepannya, bila ada program Ketahanan Pangan kembali, bisa juga di agendakan ke Jalan Usaha Tani, atau untuk Agrowisata Desa,” ujar Imran Ginting ini.

Kepala Desa Gongsol, Jon Pomen Surbakti saat dikonfirmasi wartawan perihal kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa ini sosialisasi Pertanian dan Ketahanan Pangan yang pertama kali kita lakukan, dimana kita membagikan Pupuk Kompos dan Herbisida ke masyarakat Petani kita secara gratis yang bersumber dari Anggaran DD 2023, jadi dalam pertemuan sosialisasi dan pembagian kompos tersebut juga semoga bermanfaat bagi para Petani Desa Gongsol dan kedepannya hasil Panen kita meningkatkan dan untuk mendukung Ketahanan Pangan di daerah,” ujarnya.

Sementara itu, dalam arahannya, Camat Kecamatan Merdeka, Elsa Br Surbakti S, STP, MA menyampaikan,” sesuai dengan Perbup nomor 9 tahun 2023 setiap Desa wajib menganggarkan 20% untuk Ketahanan Pangan. Dalam hal ini, Desa Gongsol mendapat bantuan berupa pupuk dan Herbisida. Jadi harapan nya pupuk ini bisa dipergunakan sebagaimana mestinya, dan semoga bermanfaat untuk peningkatan hasil Pertanian,” ujarnya singkat.

Pantauan media sebelum pembagian Kompos Pemerintah Desa Gongsol dalam hal ini Sekretaris Desa, Bintama Zena Surbakti sebagai moderator memberikan ruang interaktif untuk bertanya kepada para narasumber yang hadir di kegiatan sosialisasi tersebut. Dan terpantau ada 712 Sak pupuk kompos yang disalurkan langsung di lokasi kepada masyarakat Desa Gongsol dan diawali dengan pemberian secara simbolis kepada perwakilan warga oleh Camat Merdeka.

(David)