Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Di 502 Lokasi Oleh Gulkarmat Jakarta Timur

BERITA, JAKARTA19 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sepanjang Juni 2022, jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Jakarta Timur telah melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran di 502 lokasi.

Menurut Kasudin Gulkarmat Jakarta Timur, Muchtar Zakaria, jumlah ini lebih rendah dibanding pelaksanaan Mei lalu yang mencapai 598 lokasi.

Berkurangnya jumlah pelaksanaan sosialisasi ini, ungkap Muchtar Zakaria, karena pada Juni kemarin banyak personel yang mengikuti lomba ketangkasan antar petugas yang diselenggarakan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta di Pusdiklat Damkar di Jl Raya Ciracas

“Berkurangnya jumlah kegiatan sosialisasi ini karena banyak anggota yang mengikuti lomba ketangkasan antar petugas se DKI Jakarta. Lomba ini untuk melatih skil atau kemampuan petugas dalam melakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang diselenggarakan Dinas Gulkarmat DKI,” kata Muchtar, Selasa (5/7).

Kasi Pencegahan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Edi Parwoko menambahkan, dari total 502 lokasi itu rinciannya adalah, pelaksanaan sosialisasi di rumah ibadah sebanyak 42 lokasi, di jalan lingkungan sebanyak 456 lokasi dan di sarana lembaga pendidikan sebanyak empat lokasi.

Untuk mendukung pelaksanaan sosialisasi ini, lanjut Edi, pihaknya mengerahkakn 38 unit armada mobil, sepeda motor 320 unit dengan kekuatan personel sebanyak 599 orang.

“Ini untuk meminimalisir terjadinya kasus kebakaran di wilayah Jakarta Timur,” ucap Edi.

Dia menjelaskan, dalam sosialisasi ini personelnya menggunakan alat pengeras suara di rumah ibadah, serta berkeliling menggunakan mobil dan motor untuk menyampaikan teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Usai sosialisaasi, petugas selalu menempelkan stiker atau pamflet imbauan pencegahan kebakaran di tempat-tempat strategis yang mudah dilihat banyak orang. Seperti pos keamanan lingkungan RT/RW, papan pengumuman rumah ibadah, tembok pembatas, rumah warga dan tempat-tempat lain yang memungkinkan.

Sejumlah titik yang menjadi sasaran sosialisasi ini antara lain di Jl Cilangkap Baru RW 03 Kelurahan Pondok Ranggon dan RW 01 Kelurahan Cilangkap.

Kemudian di Taman Wijaya RW 03 Kelurahan Pondok Ranggon, Jl Raya Lapan RT 05/01 Pekayon, di RPTRA Pecah Piring RW 01 Pekayon, Pos Kamling RW 01 Kelurahan Baru di Jl.H Hasan, serta Jl Otista 3 Kelurahan Cipinang Cempedak, Masjid Al-khair Jl. Raja Farma RW 17 Kelurahan Duren Sawit dan sejumlah titik lainnya.

Jmy