by

Lokakarya Desain Dan Kemasan Produk Digelar Dinas Parekraf-IKJ

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta (FSRD IKJ) menggelar Branding and Packaging Design Workshop di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Lokakarya ini diikuti mahasiswa dan dosen FSRD IKJ serta pelaku UMKM binaan (Jakpreneur) Dinas Parekraf DKI Jakarta.

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, Pemprov DKI Jakarta melaksanakan program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu dalam rangka menumbuhkembangkan wirausaha baru di Jakarta.

Dinas Parekraf merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengampu program Jakpreneur dan bertanggung jawab membina serta mengembangkan 17 subsektor ekonomi kreatif di Jakarta.

Hal tersebut sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kami menggandeng FSRD IKJ untuk meningkatkan kualitas packaging dan branding produk-produk Jakpreneur binaan kita,” ungkap Andhika, Selasa (4/10).

Ia menjelaskan, kontribusi ekonomi PDRB kreatif terhadap perekonomian Jakarta mencapai sebesar 9,77 persen atau sebesar 208,4 triliun rupiah pada 2018.

Kuliner merupakan subsektor yang paling dominan berkontribusi dalam pembentukan PDRB ekonomi kreatif di Jakarta sebesar Rp 109,09 triliun atau 42,54 persen dari total PDRB ekonomi kreatif.

“Unsur kreativitas pada subsektor kuliner terdapat dalam hal kemasan, penyajian, estetika dan pencitraan yang menunjang cita rasa sehingga menarik minat konsumen,” ucap Andhika.

Andhika berharap, lokakarya ini mampu memberikan insight bagi para pelaku ekonomi kreatif di Jakarta, khususnya yang memiliki produk dengan kemasan. Sehingga dapat meningkatkan nilai tambah produk yang berimbas juga pada kenaikan omzet penjualan.

“Workshop ini diharapkan juga dapat memberi wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu design packaging dan narasi branding yang telah diperoleh,” tandasnya.

210