by

Diresmikan Bedah Kawasan Di Petogogan

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com 

Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Sekda DKI Jakarta, Uus Kuswanto meresmikan bedah kawasan pada sembilan rumah warga Jalan Wijaya I, Gang Langgar, RT 11/03, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pada kegiatan itu, Uus menyampaikan,bedah kawasan di wilayah Petogogan ini merupakan program Baznas Bazis DKI Jakarta. Program tersebut dinilai sangat bagus untuk membantu hunian warga yang sebelumnya kerap kebanjiran saat musim hujan.

“Saat ini sembilan rumah warga di kawasan tersebut sudah selesai dibedah,” ujarnya, Jumat (5/8).

Ia menerangkan, dalam program ini, masing-masing rumah warga diubah menjadi berlantai 3 sekaligus dibuat sirkulasi udara agar lebih nyaman dihuni.

“Selain itu juga bebas dari genangan karena ditinggikan,” katanya.

Menurut Uus, program bedah kawasan tidak akan berhenti di kawasan ini, tapi juga di kawasan lainnya yang masih perlu diperbaiki agar layak huni dan bebas genangan.

“Saya minta masing-masing pemilik rumah merawat kebersihan supaya tetap indah,” ucapnya.

Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Abu Bakar menuturkan, awalnya program bedah kawasan di lingkungan ini akan dilakukan terhadap 21 rumah. Namun karena ada beberapa warga berubah pikiran, akhirnya hanya sembilan rumah milik sembilan Kepala Keluarga (KK) atau 37 jiwa yang dibedah.

Proses pengerjaan bedah kawasan ini telah dimulai semenjak tiga bulan lalu dengan ukuran rumah 30-60 meter persegi yang dibangun tiga lantai.

Lantai satu dibangun sebagai ruang interaksi warga, lantai dua ruang tamu, dapur dan kamar mandi dan lantai tiga ruang kamar tidur.

“Rumah di kawasan ini juga dibangun dengan fasilitas lapangan badminton dan disediakan JakWIFI,” terangnya.

Fajar Cahya Gumilar (29), salah satu warga yang rumahnya dibedah merasa bersyukur bisa mendapat program dari Baznas Bazis DKI Jakarta ini.

“Dulu rumah orang tua saya ini tidak layak huni. Tapi sekarang jadi bagus dan nyaman ditinggali,” tandasnya.

Perlu diketahui, dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian santunan kepada anak yatim, bantuan sembako dan satu unit tenis meja ke warga.

210