by

Dinas KPKP Isi Workshop Perencanaan Pertanian Di IKN

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta mengisi kegiatan Workshop Perencanaan Pengembangan Pertanian Perkotaan di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang digelar Otoritas Ibu Kota Nusantara Kedeputian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam di Hotel Novotel Cikini, Jakarta Pusat

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati mengatakan kegiatan ini dalam rangka memperkaya substansi Penyusunan Pedoman Penyelenggaraan Pertanian Perkotaan di Kawasan Ibu Kota Nusantara.

“Dalam kesempatan itu, saya memberikan materi desain pengembangan urban farming bagi kelompok pemula,” ujarnya, Sabtu (3/6).

Menurutnya, urban farming di Jakarta berhasil diterapkan dan dikembangkan di tengah lahan yang terbatas. Seiring waktu berjalan, urban farming bahkan berhasil diaplikasikan dengan teknologi smart farming berbasis Internet Of Thinking.

“Materi yang disampaikan bagi kelas pemula biasanya tanaman yang cepat dirasakan manfaatnya. Misalnya, kangkung, bayam, pakcoy hingga buah-buahan,” terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan workshop diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab serta membuat rencana aksi yang akan dilakukan para petani dari lima desa di sekitar IKN.

“Workshop ini diharapkan dapat tingkatkan pengetahuan dan wawasan petani desa untuk diimplementasikan di lingkungannya,” tandasnya.

210