by

Bupati Karo Audensi Ke DPD RI Terkait Sinabung

Tanah Karo.Olnewsindonesia,Senin(04/06)

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Asisten 1 pemerintahan Drs.Suang Karo-Karo, Kepala Bappeda Ir.Nasib Sianturi, Msi, Kalak BPBD Karo Ir.Martin Sitepu, Sarjana Purba, SSTP , Beraudensi ke ruangan DPD RI di gedung DPR/MPR RI Nusantara III lt 8 jalan Gatot Subroto Jakarta (04/06) sekira pukul 09.30 wib.

Dalam audensi tersebut Bupati, mengatakan kepada Wakil Ketua DPD RI Prof.Dr.Ir.Hj Darmayati Lubis , Maksud dan tujuannya menyambangi kantor wakil ketua ini, dengan keterkaitan terdampak akibat Erupsi Gunung Sinabung sejak tahun 2010, khususnya bagi diluar Zona Merah,” Tuturnya.

Ket foto : Wakil ketua DPD RI Prof. Dr. Ir. Darmayati Lubis bersama Bupati Karo saat di wawancarai oleh media senin (04/06)
Ket foto : Wakil ketua DPD RI Prof. Dr. Ir. Darmayati Lubis bersama Bupati Karo saat di wawancarai oleh media senin (04/06)

” Misalnya dalam bidang Pertanian, Pendidikan, PU PR termasuk Infrastruktur ini sekala prioritas yang kami kordinasikan ke DPD RI ini, mudah mudahan ada jalan keluar, karena beberapa minggu yang lalu (23/05.2018) di aula lantai III (tiga) Kantor Bupati Karo diadakan Runggu (musyawarah) yang dihadiri KSP, PMK dan DPRD Karo, Yang mana oleh Parlindungan Purba Anggota DPD RI komite II (dua) , mengatakan agar Pemkab Karo datang ke DPD RI untuk konsultasi terkait penanganan desa terdampak, yang butuh bantuan dana dan solusi,” kata Terkelin Brahmana.

” Hal inilah , maka saya utarakan kepada Ibu Wakil Ketua ini, karena setiap Erupsi terjadi dampak terhadap pertanian di Kab. Karo mengalami banyak kerugian, sesuai hasil hitungan KALAK (kepala pelaksana) BPBD Karo sekali Erupsi Gunung Sinabung, maka kerugian dapat ditaksir 1.4 T, jelasnya. Ya inilah sebabnya Ibu Ketua , sebagian kedatangan kami , kiranya bisa memfasilitasi dan mendorong proposal yang kami ajukan ke Kementrian Pertanian, Pendidikan dan Kemen PU PR,” Sebutnya.

“Mengenai tekhnis yang difokuskan, sudah ada dalam proposal baik bidang pertanian, yang dibutuhkan bibit,pupuk kompos dll, begitu juga bidang pendidikan yang dibutuhkan biaya sekolah, dan kesehatan dibutuhkan agar diadakan riset kelayakan udara dan air akibat erupsi , ini semua sudah kita ajukan, hanya selama ini kendala proposal sudah masuk penyelesaian dan jawaban tidak ada ,kadang jawabannya kajian lapangan. Nah ini yang perlu kami konsultasikan,” imbuhnya.

Ket foto : Bupati Karo, bersama Wakil ketua DPD RI berfose di sela sela audensi di gedung DPR /MPR RI senin (04/06)
Ket foto : Bupati Karo, bersama Wakil ketua DPD RI berfose di sela sela audensi di gedung DPR /MPR RI senin (04/06)

Sementara Prof.Dr.ir.Hj Darmayati Lubis wakil ketua DPD RI menanggapi kami pada prinsipnyan DPD RI punya perhatian terhadap bencana, apalagi Sumut secara kelembagaan mencari penyelesaian dan solusi terhadap dampak meletusnya Gunung Sinabung sudah bagian tanggung jawab kami, baik seluruh Indonesia yang datang kepada kami.

“Dijelaskannya lagi , DPD RI mempunyai 4 kewenanganan membidangi yakni, otonomi daerah, Kesra., Sumber Alam,dan pengawasan APBN.

” Nah setelah mendengar cerita tadi ,saya selaku DPD RI akan mendorong Lembaga/Kementerian apabila proposal sudah diajukan , karena ini masuk dalam pengawasan fungsi kami, hanya saya minta tolong setiap proposal yang sudah diajukan ke Lembaga/Kekementerian agar dikirim tembusannya ya, supaya saya bisa ikuti dan saya tanyakan kepada Menterinya, sekaligus kami dapat memberikan saran pertimbangan kepada Presiden, ujarnya.

” Kalau perlu nanti akan saya panggil Menteri Pertanian, Pendidikan dan Kesehatan, kita adakan rapat di Gedung DPD RI ini, ini bagian dari fungsi DPD RI Chek and Balance, agar jelas masalahnya dan kendalanya, sekaligus kami akan dorong terus agar mereka buat kajian turun kelapangan, agar bantuan itu nantinya tepat sasaran.” Tegasnya.

” Dalam waktu dekat ini , apa yang kita bicarakan, akan saya angkat ke pimpinan DPD RI untuk membahas dan langkah selanjutnya, tapi tolong besok ( 05/06) bapak ke Kementrian pertanian, apa hasilnya tolong beritahu saya dan ditembusi ya,”pungkasnya dihadapan media cetak dan elektronik.

(David-olnewsindonesia.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.