by

Museum Kebaharian Jakarta Gelar Pameran “Arthe Fact” Suku Bangsa Bahari Nusantara

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Unit Pengelola (UP) Museum Kebaharian Jakarta menggelar pameran temporer bertema “Arthe Fact” Suku Bangsa Bahari Nusantara.

Pameran berlangsung di Museum Kebaharian, mulai Jumat (2/12) hingga awal Maret 2023.

Sekretaris Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Imam Hadi Purnomo mengatakan, Indonesia merupakan bangsa yang kental dengan budaya bahari. Dengan geografis yang banyak memiliki lautan, berbagai suku bangsa di Indonesia akrab dengan budaya kemaritiman.

“Sejak dahulu bangsa Indonesia sudah dikenal dengan kemaritimannya. Ini membuktikan lautan bukan memisahkan tapi menyatukan,” ujarnya, Jumat (2/12).

Menurutnya, dengan kemampuan kemaritiman tersebut, para pendahulu mampu menembus lautan menciptakan pertukaran budaya dan ekonomi. Karena itu, pihaknya berharap pameran yang digelar ini bisa mengingatkan kembali peran dan budaya kemaritiman Indonesia.

Kepala UP Museum Kebaharian Jakarta, Mis’ari mengatakan, pameran menampilkan berbagai artefak budaya kebaharian dari Suku Bangsa di kawasan Madura dan Sulawesi Selatan. Tidak hanya memamerkan berbagai koleksi miniatur perahu dan alat tangkap, pameran juga menghadirkan sejumlah karya seni sketsa yang memotret kehidupan masyarakat kedua suku bangsa.

Menurutnya, pemilihan budaya suku bangsa dari dua wilayah tersebut lantaran mereka memiliki budaya kebaharian yang kuat sejak dahulu. Selain memliki berbagai teknologi dan kemampuan kebaharian, sejak dahulu kedua suku bangsa tersebut dikenal tangguh.

“Sebagai lembaga Kebudayaan yang ada di Jakarta kami berkewajiban melestarikan dan mengembangkannya ke generasi sekarang melalui pameran ini,” tandasnya.

210