by

Yayasan Mentari Meraki Asa Gelar Sosialisasi Pencegahan Virus Covid-19 Di Berastagi

Berita Karo.OLNewsindonesia.Rabu(03/11/21)

Yayasan Mentari Meraki Asa Sumatera Utara menggelar sosialisasi pencegahan penularan virus Covid-19 dan TBC, selama dua hari Rabu dan Kamis (03,04/11.2021) yang dimulai sekira pukul 14.30 WIB dan sosialisasi ini dilakukan di Jambur Hamzah Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo,yang mana pihak Yayasan menghadirkan seratusan kader kesehatan dari 10 Kabupaten Kota se Sumatera Utara dikerahkan untuk melakukan berbagai kegiatan berupa Jambore Kader.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Rumah Sakit Umum Kabanjahe dr Arjuna Wijaya, SpP sebagai narasumber menyebutkan, pihaknya merasa perlu menyampaikan sosialisasi mengenai pencegahan penyebaran virus Covid-19 karena Sumatera Utara ini merupakan tempat wisata yang datangnya ribuan dari  berbagai daerah dan saling berinteraksi sehingga untuk mengurangi potensi terjadinya kasus Covid-19, kita perlu mensosialisasikan tindakan pencegahan,” katanya. 

Dia menyebutkan, upaya yang paling efektif untuk mencegah penularan virus Covid-19 adalah menjaga kebersihan diri, terutama kebersihan tangan, karena transmisi virus lebih sering terjadi akibat sentuhan tangan. “Untuk itu, tindakan cuci tangan merupakan satu cara yang efektif untuk mencegah penularan,” katanya.

Selain melakukan sosialisasi, dr Arjuna menyebutkan, upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Selain menyediakan sarana pembersih tangan berupa hand sanitizer, dr Arjuna juga mengingatkan supaya mengurangi kegiatan dan tetap mengedepankan protokol kesehatan .

Direktur ini menambahkan, jika ada keluarga kita yang mengalami hilang penciuman,  hilang rasa , demam, batuk – batuk atau pun diare, maupun gejala  TBC seperti batuk 2 minggu, demam, berkeringat dimalam hari tanpa aktifitas, berat badan menurun segeralah periksakan ke Rumah Sakit atau ke Puskesmas dan GRATIS pengobatannya sampai sembuh, pasien Covid-19 jangan takut jika terkonfirmasi pun bisa isolasi mandiri di rumah,” ucap dr Arjuna .

Adapun yang hadir dalam kegiatan Jambore tersebut adalah, dra. Zubaidah Pohan, Ketua Pembina Yayasan Mentari Meraki Asa, Sri Maharani Arfiani,SE., M. Ak, Ketua  Yayasan Mentari Meraki Asa Sumut, Adek Sikumbang, SH, Ketua Yayasan Mentari Meraki Asa Karo, dr Arjuna Wijaya,Sp. Paru Direktur RSU Kabanjahe, Arie Onasis Lopiga,SKM., Mph , Kabid P2P Dinas Kesehatan Tanah Karo.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.