by

Komisi B: LRT Jadi Peluang Bisnis Menguntungkan

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

PT Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta tengah merencanakan pembangunan lanjutan rute kereta Light Rail Transit (LRT) Fase 1B dari Velodrome hingga Manggarai.

Rencana pembangunan rute moda transportasi massal berbasis rel tersebut mendapat dukungan dari anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Ismail mengatakan, pembangunan transportasi publik merupakan salah satu bisnis masa depan yang mempunyai prospekfif cukup menjanjikan keuntungan selain di bidang tekhnologi informasi.

“Peluang ini harus kita tangkap sekarang dan kalau kita sukses dengan LRT, yakinlah ini ke depannya akan jadi backbone. Progres LRT ini penting untuk kita kawal,” katanya, Rabu (1/2)

Ismail menjelaskan, proyek jalur kereta LRT rute Velodrome-Manggarai akan dimulai tahun ini. LRT Jakarta dinilai menjadi leading sector untuk mengeksekusi kegiatan yang sudah diberikan Penyertaan Modal Daerah (PMD).

“PT Jakpro bisa berikan kewenangan penuh kepada LRT Jakarta yang sudah punya base practice seperti itu,” ucapnya.

Hal senada disampaikan anggota Dewan Komisi B DPRD DKI Jakarta, M. Taufik Zoelkifli. Ia menambahkan, pihaknya mendukung rute Velodrome-Manggarai segera direalisasikan.

Mengingat, jika dikaitkan dengan pariwisata, kereta LRT akan menjadi wisata kecil untuk warga, sehingga dividen anak perusahaan ini akan meraup keuntungan.

“Meskipun rute Velodrome-Kelapa Gading masih mendapat kritikan masyarakat, tetapi proyek ini memiliki potensi bagus. Apalagi rute ini ditambah hingga Manggarai. Pasti banyak warga yang gunakan kereta ini,” ujarnya.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Iwan Takwin menuturkan, saat ini pihaknya sedang menunggu terbitnya rekomendasi izin trase Fase 1B LRT dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

“Kami komunikasi terus dengan Dirjen Perkeretaapian. Proses rekomendasi izin trase-nya terus berjalan sesuai target,” tandasnya.

210