by

Ducati Memperkenalkan Spesifikasi Motor Listrik Balapnya, CEO Menyebutnya ‘Momen Bersejarah’

Berita Otomotif, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Ducati tampaknya telah membuat kemajuan pesat dalam pengembangan sepeda motor listriknya, terutama mengingat program tersebut pertama kali diluncurkan Oktober lalu .

Saat itulah Ducati mengumumkan bahwa mereka akan menjadi pemasok tunggal sepeda motor listrik balap untuk seri balap FIM MotoE, menggantikan pemasok saat ini Energica .

Pada saat sebelum mereka mengumumkan program Oktober tahun lalu, Ducati tidak memiliki program pengembangan sepeda motor listrik yang diakui secara publik dan telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membuat alasan mengapa tidak siap untuk memproduksi sepeda motor listrik.

Sikap itu tampaknya menghilang dalam semalam setelah pengumuman, dan kami dengan cepat melihat Ducati mendorong prototipe sepeda motor listrik V21L-nya ke trek untuk beberapa lap uji.

Sekarang kita pertama kali melihat beberapa data keras dan spesifikasi teknologi nyata dari pabrikan Italia.

Ducati telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan memproduksi setidaknya 18 motor untuk musim 2023 dari seri balap FIM MotoE. Masing-masing sepeda motor listrik V21L akan mampu menghasilkan tenaga 110 kW (147 hp) dan torsi 140 Nm (103 lb-ft).

Sepeda dikatakan mencapai kecepatan tertinggi 275 km/jam (171 mph) di sirkuit uji di Mugello, Italia.

Meskipun membawa paket baterai 18 kWh yang agak besar, Ducati mampu menurunkan bobot prototipe V21L menjadi hanya 225 kg (496 lb). Itu masih sepeda yang besar dan kuat, tapi beratnya jauh lebih ringan dari 282 kg (621 lb) massa Energica Ego.

Baterai dan motor/inverter berbagi sistem pendingin cairan sirkuit ganda yang dirancang untuk membantu sepeda beroperasi pada tingkat kinerja tinggi untuk waktu yang lebih lama tanpa dipaksa untuk mencekik kembali karena penumpukan panas.

CEO Ducati Claudio Domenicali menguji prototipe V21L baru-baru ini dan terkesan:

Beberapa minggu yang lalu, saya memiliki kesempatan luar biasa untuk mengendarai Ducati MotoE di trek dan saya segera menyadari bahwa saya hidup di momen bersejarah.

Dunia sedang melalui periode yang kompleks dan kelestarian lingkungan adalah elemen yang semua individu dan semua perusahaan harus pertimbangkan sebagai prioritas jika kita ingin menjaga keseimbangan planet yang rapuh. Sebagai Ducati, kami telah memahami kebutuhan ini dan kami mencari tantangan yang memungkinkan kami berkontribusi pada tujuan bersama untuk mengurangi emisi CO₂ dan pada saat yang sama untuk tetap percaya dengan DNA kami yang terkait dengan balap. Kami sepakat dengan tekad untuk mengembangkan sepeda balap listrik dengan performa terbaik yang dimungkinkan oleh teknologi saat ini dan menggunakan proyek ini sebagai laboratorium untuk membangun masa depan kami.

Hasil yang kami capai sungguh mengejutkan. Segera setelah saya duduk di atas motor, saya menyadari kualitas pekerjaan yang dilakukan oleh tim dan ketika saya kembali ke garasi, saya merasakan kebanggaan yang mendalam atas apa yang sekali lagi dapat kami capai.

Ducati telah mengkonfirmasi bahwa kemajuan yang dibuat pada prototipe V21L pada akhirnya akan mengalir ke versi konsumen, menjadi sepeda motor listrik produksi pertama Ducati untuk konsumen.

210