by

Dinas PUPR Kabupaten Karo Bergerak Cepat Bersihkan Luapan Lumpur Di Lau Benuken

Berita Karo.OLNewsindonesia,Selasa(02/03)

Kabupaten Karo saat ini sedang Musim hujan dan akibat diguyur hujan jalan yang rusak berpotensi rawan kecelakaan dan longsor , hal ini seperti kemarin Senin (01/04) 2019 jalan Lau Benukan Desa Berastepu Kecamatan Simpang Empat disoal masyarakat akibat rawan dilalui bagi kendaraan dan pejalan kaki.

Salah satu warga yang sedang melintas di jalan Lau Benukan Dedi Vernando Ginting (43) kesal karena jalan tersebut penuh lumpur dan becek, ironisnya sebuah batang pohon pisang ditanam ditengah jalan tersebut, ” katanya.

Wajarlah kita kesal, ketika saya mau lewat sulit sekali, harus extra hati hati takut tergelincir roda kendaraan Kijang Super yang saya kemudikan ini ,terlebih jalan ini dekat aliran sungai,” kesalnya.

Ket foto : Kabid Bina Marga PU PR Hendra Mitcon Purba didampingi Camat Simpang Empat Amsah Peranginangin saat memantau langsung jalan yang ber lumpur di Desa Lau Benuken  Kec Simpang Empat, Selasa (02/04) 2019
Ket foto : Camat Simpang Empat,Amsah Peranginangin(kiri)bersama Kepala Desa Berastepu(tengah)Dan kabid PUPR,Hendro Mitcon Purba berbincang serious di lokasi Luapan Lumpur(02/04)

Di terangkan Dedy kembali kalau menurut dia, Dedy berhenti di lokasi dan sempat mengambil foto tersebut diteruskan nya untuk menyampaikan keluh kesah ini kepada dinas terkait melalui staf Bupati Karo, agar ditindaklanjuti.

Puji syukur dan terimakasih ternyata respon Pemkab Karo cukup cepat dan tanggap terkait informasi yang saya berikan langsung hari ini (02/04) 2019 ditinjau oleh Bupati Karo melalui Kabid Bina Marga PU PR Hendra Mitcon Purba didampingi Camat Simpang Empat Amsah Perangin Angin dan Kepala Desa berastepu Gemuk Sitepu, ” tuturnya.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana melalui Kabid Bina Marga PU PR Hendra Mitcon Purba didampingi Camat Simpang Empat Amsah Perangin Angin langsung turun kelapangan ke Lau Benukan pagi tadi Selasa (02/04) 2019 pukul 09.00 WIB , setelah mendapat instruksi tadi malam, ” kata Mitcon.

Iya, hari ini sudah kita tinjau dan sudah kita teliti dan survei, ternyata jalan tersebut akibat diguyur hujan satu hari penuh akhirnya becek dan penuh dengan tanah karena hujan membawa tanah dari atas tebing sisi jalan,” ujarnya.

Kebetulan parit dan gorong gorongnya tidak berfungsi sehingga ketika hujan turun tidak mengalir kearah sungai yang tidak jauh dari jembatan Lau Benukan, ini juga salah satu faktor jalan ini menjadi rawan sebab air bercampur tanah sudah lengket dibadan jalan,” urainya.

Ket foto : Kabid Bina Marga PU PR Hendra Mitcon Purba didampingi Camat Simpang Empat Amsah Peranginangin saat memantau langsung jalan yang ber lumpur di Desa Lau Benuken  Kec Simpang Empat, Selasa (02/04) 2019
Ket foto : Kabid Bina Marga PU PR Hendra Mitcon Purba didampingi Camat Simpang Empat Amsah Peranginangin saat memantau langsung jalan yang ber lumpur di Desa Lau Benuken Kec Simpang Empat, Selasa (02/04) 2019

Disoal terkait pohon pisang ada ditengah badan jalan, Mitcon mengakui ini juga salah satu ulah orang yang tidak bertanggungjawab, siapa orangnya kita tidak perlu tahu, yang penting kedepan ini bukan solusi mari jaga kenyamanan masyarakat, silahkan kordinasi dengan Kepala Desa dan Camat , agar dapat diteruskan ke pihak berwenang, ” harap Mitcon.

Meskipun demikian, besok Rabu (03/04) 2019 pukul 09.00 WIB kita pastikan alat berat kita akan bekerja, satu unit Loader akan membersihkan jalan Lau Benuken ini, dan selanjutnya akan kita buatkan parit dan gorong gorong untuk pembuangan air, ketika hujan turun, tidak sumbat lagi, ” imbuhnya.

Hal yang senada disampaikan Camat Simpang Empat Amsah Perangin Angin , dihimbau kepada masyarakat jangan berlebihan dengan memberikan tanda ditengah jalan seperti pohon pisang, ini bisa berakibat fatal pada malam hari, saat orang melintas tidak akan melihat pohon pisang ini, ” terangnya.

Kasihan nanti warga akibat pohon pisang ini apabila terjadi kecelakaan, yang penting mari sampaikan kepada kami jika ada hal hal seperti ini,Kita akan teruskan kepada OPD terkait, sebab ini sudah intruksi Bupati Karo kepada jajaran Camat ,agar segera memperhatikan dan tanggap, ” akhirnya .

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.