by

Bupati Bogor Lantik Kepala Desa Bantar Kuning

Cibinong-Olnewsindonesia.

Penantian panjang masyarakat Bantar Kuning untuk memiliki kepala desa tercapai sudah,bertempat di Pendopo Bupati Bogo yakni Hj. Nurhayanti melantik Nanang Sobarno sebagai Kepala Desa Bantarkuning Kecamatan Cariu beserta Ujang Bukhari sebagai Kepala Desa Tlajung Udik Kecamatan Gunung Putri untuk periode 2017 -2020 pada kamis (02/11).

Suasana Pelantikan Kepala Desa Bantar Kuning di Pendopo Bupati Bogor
Suasana Pelantikan Kepala Desa Bantar Kuning di Pendopo Bupati Bogor

Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti berharap kepala desa yang dilantik peka dengan keadaan msyarakat didesanya dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat dan mampu menyikapi setiap tantangan secara cerdas dan kreatif dengan tetap penuh perhitungan serta inovatif.Dalam menjalankan roda pemerintahan di desa mengacu pada tertib administrasi dan disiplin anggaran mengacu perundang undangan yang berlaku.

“Sebagai Kepala Desa Antar Waktu berkewajiban menuntaskan program program yang telah dirintis Kepala Desa sebelumnya serta mengembangkan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat,”ujarnya Bupati kepada kepala desa yang dilantik.

Bupati jugameminta penyusunan perencanaan pembangunan harus dilaksanakan secara partisipasif oleh Pemerintah Desa yang melibatkan lembaga kemasyarakatan Desa dan Pemerintah Desa harus menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) untuk jangka waktu 1 tahun yang juga ditetapkan dengan peraturan Desa dan memuat program/kegiatan sebagai masukan pada APBDESA yang merupakan rencana keuangan tahunan Desa yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa.

“Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) untuk jangka wakttu 6 tahun yang wajib disusun Kepala Desa maksimal 3 bulan setelah pelantikan dengan memuat visi, misi, tujuan, arah kebijakan Desa dan Program pembangunan Desa,”katanya.

Nurhayanti menegaskan agar setiap kepala Desa harus berupaya membangun kualitas sebagai pribadi yang jujur, cerdas dan berdisiplin serta memiliki rasa empati terhadap masyarakat yang dipimpinnya, cermati persoalan-persoalan yang terjadi di tengah masyarakat, seperti kemiskinan, akses pendidikan dan kesehatan serta infrastruktur dan jika ada warganya yang tidak memiliki rumah, terkena kasus gizi buruk, penyakit kronis dan wabah penyakit, atau mengalami kekerasan dan ketelantaran.

Nanang Sobarna kepala desa yang dilantik mengatakan kepada Olnewsindonesia ” Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk berbenah membangun desa Bantar Kuning selama sisa waktu lebih kurang 2 tahun ini menyelesaikan semua program kepala desa yang terdahulu.”(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.