by

KI DKI Tindaklanjuti Monev Ke RSUD Pasar Minggu

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta mengapresiasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu yang berhasil meraih penghargaan terbaik Keterbukaan Informasi Publik kategori RSUD dalam monitoring dan evaluasi (monev) Tahun 2022.

Wakil Ketua KI DKI Jakarta, Nelvia Gustina mengatakan, pihaknya telah mengunjungi RSUD Pasar Minggu untuk memastikan rekomendasi yang telah disampaikan KI DKI dalam monev telah dijalankan badan publik mereka.

“Visitasi kami sebagai bentuk apresiasi kepada RSUD Pasar Minggu yang sudah meraih penghargaan terbaik KIP kedua kalinya di tahun ini,” ujarnya, Selasa (31/1).

Ia menjelaskan, dari tahun ke tahun, RSUD Pasar Minggu mengalami peningkatan kualitas dalam hal pengelolaan dan pelayanan informasi publik. Capaian ini diharapkan harus dijaga agar dapat berdampak besar bagi masyarakat.

“Kami sangat menghargai komitmen RSUD Pasar Minggu dalam mengelola informasi publik. Tahun ini, kami akui peningkatan mereka sangat signifikan,” tuturnya.

Ia menegaskan, penilaian monev dilakukan secara objektif, sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, KI DKI tidak segan merekomendasikan RSUD Pasar Minggu sebagai rujukan bagi RSUD lain dalam mengelola informasi publik.

“Penilaian monev ini objektif, sesuai apa adanya. Karena itu kami sangat yakin dan bahkan merekomendasikan RSUD lain untuk merujuk pengelolaan informasi publik di RSUD Pasar Minggu,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Komisioner KI DKI Bidang Edukasi, Sosialisasi dan Advokasi (ESA), Aang Muhdi Gozali. Ia mengingatkan, kualitas layanan informasi publik harus ditingkatkan.

RSUD menjadi salah satu badan publik di Jakarta yang memiliki peran penting dan sangat dibutuhkan masyarakat. Tugas RSUD Pasar Minggu selanjutnya menyediakan Daftar Informasi Publik (DIP) dan Daftar Informasi yang Dikecualikan (DIK).

“Kerja sama dapat dilakukan dalam bentuk sosialisasi, pelatihan atau bimbingan teknis. Misalnya mengenai penyusunan DIP dan DIK dan hal lain terkait pengelolaan informasi publik,” ungkapnya.

Wakil Direktur Keuangan dan Umum RSUD Pasar Minggu Yeni Restuti menyatakan, pihaknya akan terus berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan informasi publik agar dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih atas tindak lanjut KI DKI. Kami sangat terbuka terhadap saran dan masukan yang diberikan KI DKI agar layanan informasi publik RSUD Pasar Minggu semakin berkualitas dan dapat sesuai dengan UU KIP,” imbuhnya.

Yeni mengaku, sejak meraih penghargaan terbaik KIP selama dua tahun berturut-turut, banyak RSUD yang ingin melakukan studi banding ke RSUD Pasar Minggu untuk mengetahui strategis dalam mengelola informasi publik. Pihaknya juga tengah mengembangkan dan merenovasi ruangan PPID yang nantinya akan ada ruang podcast.

“Kehadiran KI DKI ini menjadi angin segar dan kami mohon saran untuk PPID yang lebih baik lagi ke depannya,” tandasnya.

210