by

Pelatihan Pengelolaan Keuangan Diikuti 30 Anggota Poktan

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebanyak 30 peserta dari tiga kelompok tani (Poktan) mengikuti kegiatan pelatihan modul literasi keuangan di gedung Sasana Krida Karang Taruna (SKKT) Kelurahan Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, mulai Senin (31/10) hingga Jumat (4/11) nanti. Pelatihan ini hasil kerja sama kelurahan dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta.

Lurah Munjul, Sumarjono menjelaskan, seluruh peserta merupakan kelompok tani binaan Bank Indonesia yang ada di Kecamatan Cipayung. Mereka adalah Kelompok Tani Sayur Mayur Buperta Jambore, Kelompok Tani Ikan Al Ikhlas Bambu Apus dan Kelompok Tani Grape Garden Kelurahan Munjul.

Dalam pelatihan ini, ungkap Sumarjono, para peserta diajarkan cara memahami masalah keuangan, dan menghitung pendapatan dan pengeluaran dengan membuat skala prioritas.

“Mereka dilatih membuat literasi keuangan. Salah satunya, mengisi kolom keluar masuk keuangan,” ujar Sumarjono, Senin (31/10).

“Kami berharap, para peserta dapat menerapkan dalam manajemen keuangan di kelompok taninya masing-masing,” sambung Sumarjono.

Ketua Kelompok Tani Grape Garden Munjul, Lukman Widodo, mengaku sangat bersyukur dapat pelatihan ini karena materi yang diberikan sangat bermanfaat bagi kelompok tani yang diketuainya.

“Kita mulai memahami cara mengelola manajemen keuangan dalam sebuah organisasi atau kelompok,” tandasnya.

Jmy