by

Disepakati Kerjasama Tiga Hal Penting Oleh PT Transjakarta Dan TNI AD

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), bersama dengan TNI AD yang dalam hal ini diwakili Kodam Jaya, melakukan perjanjian kerjasama dalam tiga hal penting, Jumat (30/9).

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani Direktur Utama PT Transjakarta, M Yana Aditya dan Pangdam Jaya, Mayjen TNI Untung Budiharto di Kantor PT Transjakarta, Jalan Mayjen Sutoyo, Makasar, Jakarta Timur. Hadir menyaksikan penandatanganan ini, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, anggota DPRD DKI Manuara Siahaan dan sejumlah pejabat terkait.

Direktur Utama PT Transjakarta, M. Yana Aditya mengatakan, tiga hal penting yang dituangkan dalam penandatanganan kerjasama ini yaitu mengenai sumber daya manusia (SDM), khususnya dalam hal bantuan personel untuk pengamanan dari Kodam Jaya kepada PT Transjakarta.

Kemudian PT Transjakarta dan Kodam Jaya akan berkolaborasi dalam rangka memberikan pendidikan dan pelatihan yang rencananya dilakukan di RINDAM Jaya. Ketiga, terkait pemanfaatan aset khususnya aset Kodam Jaya dan PT Transjakarta yang masing-masing nanti bisa dikolaborasikan terutama dalam sektor transportasi.

“Terkait dengan pendidikan, ini lebih ke internal Transjakarta. Nantinya karyawan dan staf yang ada di PT Transjakarta akan mendapatkan pendidikan di Kodam terkait masalah kedisiplinan dan keselamatan,” kata Yana.

Sementara, Pangdam Jaya, Mayjen TNI Untung Budiharto mengungkapkan, pihaknya siap membantu pengamanan kepada PT Transjakarta pada situasi kritis, seperti aat ada demo besar-besaran atau ada kejadian lainnya.

“Sudah menjadi tugas kami menjaga keselamatan bangsa, baik jiwa maupun properti yang dimilikinya,” kata Mayjen TNI Untung Budiharto.

Ia berharap, kerjasama ini bermanfaat bagi seluruh warga Jakarta maupun PT Transjakarta.

Menurut Untung, saat ini sebagian besar anggota TNI sudah menggunakan transportasi umum milik PT Transjakarta, walaupun juga sudah disiapkan transportasi mandiri. Jika nanti ada kerjasama lanjutan, Untung berharap, agar anggota TNI diberikan kartu untuk naik Transjakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo menambahkan, sebagai kota kolaborasi Jakarta membutuhkan kerjasama dengan stakeholder yang ada. Salah satunya dengan Kodam Jaya yang dilakukan pada hari ini.

“Kerjasama yang dilakukan hari ini antara PT Transjakarta dan Kodam Jaya adalah salah satu implementasi Jakarta Kota kolaborasi,” pungkas Syafrin.

Jmy