by

Rapidin Simbolon Apresiasi Hasil Tenunan Pengrajin Di Samosir

Samosir OLNewsindonesia Jum’at (1/12),

Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM
Mengapresiasi kualitas hasil para pengrajin tenun di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Samosir Sumatera Utara, Kamis (30/11).

Hal ini disampaikan Bupati, diacara penutupan Pelatihan Peningkatan dan Pengembangan Produksi dan Kualitas Kerajinan Tenun, yang dilaksanakan selama 24 hari (7 s/ 30 November 2017) di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Pangururan Samosir.

Bupati Samosir dalam Sambutannya di acara Pelatihan Peningkatan dan Pengembangan Produksi dan Kualitas Kerajinan tenun
Bupati Samosir dalam Sambutannya di acara Pelatihan Peningkatan dan Pengembangan Produksi dan Kualitas Kerajinan tenun

Bupati Rapidin sangat menyambut baik pelaksanaan pelatihan kerajinan tenun, dimana Samosir merupakan salah satu dari destinasi wisata Nasional, yang mana segala penjuru datang berwisata ke Samosir.

Dengan semakin berkembangnya para pengrajin tenun di Samosir, diharapkan hasil dari kerajinan tenun menambah daya tarik wisatawan, sehingga para wisatawan nantinya akan membeli sebagai oleh-oleh dari Samosir.

Foto: Hasil kerajinan tenun peserta pelatihan di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( DESKRANADA) kab.Samosir
Foto: Hasil kerajinan tenun peserta pelatihan di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( DESKRANADA) kab.Samosir

Lanjut Rapidin, selain menambah ilmu selama pelatihan, pengrajin juga nantinya dapat menambah mata pencaharian dari hasil kerajinan tenun nya.

Pelatihan Peningkatan dan Pengembangan Produksi dan kualitas Kerajinan tenun yang dilaksanakan selama 24 hari (07 s/d 30 Nopember ), dan secara resmi ditutup oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, Kamis (30/11) di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Samosir.

Untuk itu, Bupati menghimbau para penenun untuk terus berkarya, lebih kreatif dan terus bekerja. Pemerintah akan terus berupaya memberi perhatian untuk pengembangan kerajinan di samosir.

Pemerintah juga telah merencanakan pembangunan gedung DEKRANASDA di beberapa tempat, untuk menambah daya tarik wisatawan ke samosir.

Foto: Alat pembuat Tenun di gedung Deskranada Samosir
Foto: Alat pembuat Tenun di gedung Deskranada Samosir

Selain memberikan sertifikat kepada para peserta pelatihan, Bupati Rapidin juga secara simbolis memesan 50 bal hasil tenunan untuk dijadikan pakaian seragam seluruh pimpinan SKPD.

Pada kesempatan ini, bupati langsung memesan 50 hasil tenunan (bakal) untuk dijadikan pakaian seragam seluruh pimpinan SKPD.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam penutupan Pelatihan Kerajinan Tenun, yakni Plt Sekda Jabiat Sagala, Kabag Humas Rohani Bakkara, Kadis Naker Koperindag Viktor Sitinjak, Kepala BKD Tombor Simbolon, Kadis Lingkungan Hidup Sudion Tamba, Dirut RSUD dr.Friska Situmorang.

Tampak para peserta Pelatihan Kerajinan Tenun, memberikan hasil tenunan mereka sebagai cinderamata kepada Bupati, Plt Sekda, Kadis Naker Koperindag.

(SMS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.