by

Mengenal Lingkungan Sekolah, SD Negeri 1 Cileungsi

Cileungsi, OLNEWSINDONESIA.

Hari pertama memasuki Sekolah Dasar adalah sejarah baru bagi orangtua maupun anak. Kesibukan terlihat di sana sini, mulai mencari ruang kelas hingga mengantarkan sang anak masuk ke dalam kelas masing-masing.

Senin (27/7/2015), di Desa Cileungsi Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, Jawa Barat, puluhan orangtua siswa baru SD Negeri 1 Cileungsi harus mengantar anaknya ke dalam kelas, meski sudah ditemani, masih ada juga sejumlah siswa kelas 1 baru ini menangis karena takut dan canggung dengan suasana baru.

Iwan Setiawan S.Pd., M.Pd. Kepala Sekolah SDN 01 Cileungsi ini yang baru saja menjabat beberapa bulan yang lalu, kepada OLNEWSINDONESIA mengatakan ”Mengenal lingkungan sekolah merupakan transisi awal menyambut kehadiran siswa baru agar lebih mengenal lingkungan sekolahnya, sebelum mereka terlibat aktif dalam keseluruhan proses pembelajaran di sekolah tersebut,” ujarnya.

Lanjut Iwan, Kolaborasi orangtua dan anak diyakini dapat menumbuhkan karakter siswa. Pada hari pertama masuk sekolah, diharapkan orangtua hadir untuk bertemu dengan wali kelas guna memperoleh informasi tentang program pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru, program intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, serta tata tertib sekolah.

Pada saat itu orangtua diharapkan saling berkenalan dengan sesama orangtua, saling bertukar nomor kontak, membentuk paguyuban orangtua, serta menyepakati teknis komunikasi antara orangtua dengan pihak sekolah. (INK/DWR)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.