by

Dinas Kominfo Menyambut Baik Kolaborasi Dengan BPJS Kesehatan

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi dan memberikan berbagai kemudahan kepada peserta, pemangku kepentingan dan mitra kerja lainnya. Dari sekian inovasi tersebut, salah satunya adalah pemanfaatan antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN dalam mengakses layanan kesehatan pada fasilitas kesehatan.

Agar informasi terkait kemudahan antrean online itu sampai ke seluruh lapisan masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Karo untuk menggalakkan sosialisasi mengenai hal tersebut.

“Kolaborasi terus kami giatkan dengan melibatkan pemerintah daerah, termasuk Dinas Kominfo Kabupaten Karo. Kami mengharap dukungannya untuk mempublikasikan keberadaan dan manfaat antrean online melalui berbagai kanal publikasi guna meningkatkan pengetahuan dan awareness penduduk Kabupaten Karo,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe, Rita Masyita Ridwan, dalam release nya. (19/01.2023).

Rita mengatakan, selain mendorong peningkatan kualitas layanan di fasilitas kesehatan, keberadaan antrean online ini juga mengurangi waktu tunggu pasien JKN di fasilitas kesehatan. Pasien JKN bisa mendaftar antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN tanpa perlu pergi ke fasilitas kesehatan. Jika nomor antreannya sudah mendekati jadwal, barulah pasien JKN tersebut pergi ke fasilitas kesehatan. Dengan antrean online, pelayanan di fasilitas kesehatan pun menjadi lebih tertib dan nyaman.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karo, Leonardo Surbakti menyambut baik kolaborasi dengan BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan Program JKN, termasuk terkait optimalisasi pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN. Ia berharap fitur antrean online dapat dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat Kabupaten Karo yang sudah menjadi peserta JKN.

“Tugas dan tanggung jawab Dinas Kominfo yang tertuang pada Instruksi Bupati Karo tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Karo yakni untuk memperluas dan mempercepat pelayanan informasi bagi masyarakat mengenai JKN. Tentu salah satunya termasuk antrean online ini. BPJS Kesehatan juga dapat memanfaatkan beragam sarana publikasi Pemerintah Kabupaten Karo dalam waktu dekat,” ujar Kadis Kominfo tersebut.

(David)