by

Pj Gubernur DKI Harap GP Ansor Tingkatkan Sinergisitas Dengan Pemprov DKI

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendukung penuh berbagai kegiatan positif yang diadakan organisasi kepemudaan.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengapresiasi Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang telah memiliki sistem kaderisasi terpadu, terukur dan berkelanjutan.

Heru berharap, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dapat terus menjalin kolaborasi dan meningkatkan sinergisitas dengan Pemprov DKI Jakarta dalam pembangunan sesuai dengan satuan khusus yang dimilikinya.

“Para pengurus dan kader organisasi dapat terus melanjutkan peran strategis dengan berkontribusi nyata bagi Jakarta. Rekan-rekan Ansor selalu hadir lebih dulu ketika ada sebuah bencana. Itu yang luar biasa, saya ucapkan terima kasih,” ujar Heru saat menghadiri acara seremonial Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser Akbar Tahun 2022 di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu (30/10).

Ia mengatakan, nilai dan misi organisasi GP Ansor serta pelatihan fisik di lapangan yang telah diberikan selama pelatihan ini dapat membentuk anggota Banser berkarakter, memiliki loyalitas dan komitmen.

Organisasi kepemudaan di Jakarta seperti Banser-GP Ansor DKI Jakarta diharapkan dapat mengambil peran sebagai perekat keragaman dan pemersatu kemajemukan. Sehingga Jakarta dapat menjadi kota yang nyaman dan damai bagi seluruh warganya.

“Dengan pondasi keagamaan yang kuat, semoga seluruh anggota dapat menjalankan fungsi organisasi di bidang kemanusiaan, sosial kemasyarakatan dan bela negara,” kata Heru.

Heru pun menyampaikan selamat kepada peserta Diklatsar Banser Akbar 2022 yang telah tuntas mengikuti pelatihan sekaligus bergabung menjadi anggota Banser-GP Ansor Nahdlatul Ulama. Para kader ini diminta dapat melanjutkan peran strategis dalam membina umat dan berkontribusi nyata.

“Banser sebagai barisan pemuda yang memiliki tugas pengamanan juga harus memiliki hati lembut. Sehingga siap menjalankan aksi bela negara dan tugas kemanusiaan,” ucap Heru.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor DKI Jakarta, Mohamad Ainul Yakin Simatupang berkomitmen akan menjaga Pancasila. Pancasila dinilai sebuah titik temu antar anak bangsa yang sudah final dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Kami akan terus menjadi garda terdepan dalam menjaga kerukunan umat beragama sebagaimana semangat dan cita-cita para pendiri bangsa ini yang di dalamnya banyak para kiai dan ulama NU,” terang Yakin.

Yakin mengajak seluruh pihak khususnya masyarakat Jakarta untuk tidak terjebak dalam polarisasi menjelang tahun politik.

“Kita jaga sama-sama kedamaian, ketentraman dan menghindarkan dari jurang perpecahan yang akan merugikan kita semua,” tandas Yakin.

Perlu diketahui, rangkaian kegiatan Diklatsar 2022 yang diinisiasi Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor DKI Jakarta ini diikuti sekitar 1.000 peserta dan dimulai dari 28-30 Oktober 2022.

Kegiatan penutupan Diklastar dihadiri Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Rahmat Hidayat Pulungan; Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (GP) Ansor DKI Jakarta, Muhamad Ainul Yakin; Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar, Asisten Kesra Sekda Provinsi DKI Jakarta, Uus Kuswanto dan Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar.

Jmy