by

Malam Pergantian Tahun, Dinkes DKI Siagakan Nakes Dan Ambulans

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyiagakan puluhan ambulans dan ratusan tenaga kesehatan (nakes) di lokasi-lokasi perayaan malam Tahun Baru.

Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinkes DKI Jakarta, Luigi mengatakan, sedikitnya ada 40 ambulans yang disiagakan untuk membantu pasien yang membutuhkan rujukan saat perayaan malam Tahun Baru.

“Di kawasan Sudirman, kita siagakan 17 unit ambulans. Sementara di kawasan TMII ada enam unit ambulans. Sisanya di titik-titik acara perayaan malam Tahun Baru lainnya,” jelasnya, Jumat (30/12).

Luigi menjelaskan, di lokasi perayaan malam Tahun Baru, para nakes bakal membaur di kerumunan membawa balon penanda sehingga akan mudah dilihat. Apabila ditemukan ada warga yang mengalami gangguan kesehatan akan langsung ditangani di pos terdekat.

“Kalau nakes totalnya ada sekitar 300 orang dibantu juga PMI,” katanya.

Ia mengutarakan, pihaknya juga membuka layanan kesehatan pada malam pergantian Tahun Baru di Sudirman-Thamrin dan TMII, Sabtu (31/12) besok.

Warga dapat memanfaatkan layanan pos kesehatan di 10 titik keramaian yang terdiri dari tujuh titik di Sudirman-Thamrin dan tiga titik di TMII.

Luigi menambahkan, Dinkes DKI Jakarta memastikan fasilitas kesehatan seperti Puskesmas Kecamatan dan RSUD tetap beroperasi di penghujung akhir tahun.

“Kita sudah plot beberapa puskesmas. Kalau ada yang sakit bisa ditangani di tempat. Jika perlu dirujuk akan dibawa menggunakan ambulans, karena sudah ada rumah sakit rujukan,” tandasnya.

210