by

Dinas KPKP Gelar Pantauan Stok Dan Stabilitas Harga Kebutuhan Pangan

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Tim Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan DKI Jakarta menggelar pantauan stok ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pangan di Pasar Atom, Jakarta Pusat.

Tim dipimpin oleh Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mendatangi sejumlah kios pedagang di antaranya, beras, daging, telur dan cabai.

“Stok ketersediaan beras di Pasar Atom lancar dari Pasar Induk Cipinang serta arus pembeli tidak ada kendala. Memang terjadi kenaikan harga beras medium sekitar Rp 45 hingga 50 per kilogram,” ujar Suharini Eliawati, Selasa (28/3).

Ia mengungkapkan, pihaknya juga mengecek ketersediaan daging dan harga yang dijual pada hari keenam puasa ini. Harga daging sapi semur dan rendang cenderung stabil di kisaran harga Rp 140 ribu dan tetelan sekitar Rp 85 ribu per kilogram.

“Sementara harga daging ayam saat ini mengalami penurunan. Harganya per kilogram sekitar Rp 36 hingga 38 ribu. Pasokan diperoleh dari RPH Rawa Kepiting sehingga daging ayam yang dijual aman, sehat, utuh dan halal,” ungkapnya.

Tim, lanjut Suharini, juga melakukan pengecekan stok ketersediaan dan harga sejumlah komoditi hortikultura. Stok di Pasar Kramat Jati dan pasar turunan saat ini masih tersedia. Harga bawang merah menuju stabil, berbeda dengan cabai rawit merah yang mengalami lonjakan.

“Secara keseluruhan, kebutuhan pangan selama Ramadan mengalami kenaikan harga untuk komoditi beras sekitar 3,38 persen dan tertinggi yakni telur ayam sebesar 10,97 persen,” tuturnya.

Ia mengatakan, Pemprov DKI Jakarta senantiasa bersinergi dengan pemerintah pusat, BUMD dan BUMN untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi warga selama Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri 1444 H.

“Untuk itu, kami meminta warga Jakarta tidak panic buying atau melakukan aksi borong dan berbelanjalah dengan bijaksana untuk membantu pengendalian harga kebutuhan pangan selama Ramadan,” katanya.

Ditambahkan Suharini, harga kebutuhan pangan pada pekan pertama hingga kedua bulan Ramadan mengalami tren kenaikan harga. Lalu biasanya turun kembali dan kembali mengaami kenaikan harga pada sepekan sebelum Idulfitri, khususnya untuk komoditas daging sapi dan kerbau.

Sementara Mulyana Hasbi, pedagang daging sapi di Pasar Atom menambahkan, harga daging sapi pada hari keenam puasa cenderung normal yakni sekitar Rp 140 ribu per kilogram.

“Saya mendapat stok daging dari RPH Cakung. Alhamdulilah, ketersediaan daging saat ini mencukupi,” tandasnya.

210