by

PM Jepang Fumio Kishida Tiba Di Istana Bogor, Disambut Presiden Joko Widodo

Berita Nasional, Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/04/2022) sore.

Tiba sekitar pukul 15.50 WIB, PM Fumio Kishida langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo di halaman Istana Kepresidenan Bogor. Prosesi kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara.

Selanjutnya, pemimpin kedua negara mengenalkan delegasi masing-masing negara. Dari Indonesia tampak hadir antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, serta Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh RI (Dubes LBBP RI) untuk Jepang Heri Akhmadi.

Sementara itu, delegasi yang hadir dari Jepang, di antaranya Deputy Chief Cabinet Secretary, Special Advisor to Prime Ministry, Executive Secretary to Prime Ministry, Duta Besar Jepang untuk RI, serta Senior Deputy Ministry of Foreign Affair.

Setelah itu, Presiden Joko Widodo dan PM Fumio Kishida menuju Ruang Teratai untuk melakukan sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu. Usai berbincang sejenak di veranda Istana Kepresidenan Bogor, kedua pemimpin melakukan penanaman pohon bersama di halaman belakang istana. Adapun pohon yang ditanam adalah Pohon Cendana. Rangkaian acara berikutnya adalah pertemuan tête-à-tête yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dan pernyataan pers bersama.

Relhusetkab