by

Pendataan Populasi Kunci HIV Akan Digelar Sudin Kesehatan Jakpus

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat berkolaborasi dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM) akan menggelar pendataan populasi kunci HIV pada awal Agustus 2022.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Sudin Kesehatan Jakarta Pusat, Budi Setiawan mengatakan, pihaknya akan menggelar pendataan populasi kunci HIV pada tanggal 1 hingga 12 Agustus mendatang.

Kegiatan ini melibatkan tujuh LSM yang selama ini konsen terhadap penanggulangan HIV, dan akan mendatangi sejumlah lokasi atau hotspot yang sudah dipetakan di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat sejak tahun 2008.

“Pendataan untuk pembaharuan data yang dimungkinkan bertambahnya hotspot, serta menindaklanjuti laporan lurah dan camat sehingga didapatkan data terbaru,” ujar Budi Setiawan, Jumat (29/7).

Ia mengungkapkan, setelah diperoleh data terkini populasi kunci HIV, Sudin Kesehatan Jakarta Pusat akan menyusun program intervensi.

“Intervensi yang dilakukan yakni pencegahan, pemeriksaan, surveilance pendataan secara rutin dan penanganan kasus,” katanya.

Sementara Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Pusat, M Fahmi berharap kolaborasi ini bertujuan mendapatkan data kasus HIV secara akurat.

“Ke depan program penanganan kasus HIV di Jakarta Pusat akan semakin tepat sasaran,” tandasnya.

210