by

Kecamatan Kembangan Ciptakan Aplikasi e-Prasum Guna Percepatan Layanan Aduan

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, membuat aplikasi e-Prasum guna menampung dan menindaklanjuti usulan atau laporan warga.

Wakil Camat Kembangan, Febriandri Suharto mengatakan, pembuatan aplikasi ini berangkat dari banyaknya usulan yang disampaikan warga dan Ketua RW yang disampaikan melalui surat. Untuk mempermudah komunikasi, akhirnya tercetus untuk membangun aplikasi e-Prasum.

“Dengan aplikasi ini komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat bisa tersampaikan dengan baik. Sekaligus jadi wadah aspirasi masyarakat secara langsung yang bersifat usulan,” ucapnya, Jumat (28/10).

Melalui aplikasi ini, laporan dan kelurahan warga bisa langsung ditindaklanjuti organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, seperti Sumber Daya Air, Bina Marga, Pertamanan dan Hutan Kota, Lingkungan Hidup dan lain-lain.

Apabila usulan masyarakat melalui aplikasi tersebut tidak dapat di implementasikan di tingkat Kecamatan, akan diteruskan ke forum yang lebih tinggi di tingkat kota atau provinsi.

“Usulan yang masuk di e-Prasum ini tentunya tidak semua langsung dikerjakan oleh kecamatan, tapi bisa jadi tingkat kota serta provinsi. Kalau sudah dikerjakan nanti ada fitur validasinya,” ungkap Febri.

Aplikasi e-Prasum ini resmi diluncurkan Asisten Pemerintahan Jakarta Barat Firmanudin, Kamis (27/10) sore kemarin di aula kantor Kecamatan Kembangan.

Menurut Firman, apabila aplikasi ini berjalan dengan baik maka akan dilanjutkan di seluruh Kecamatan serta Kelurahan di Jakarta Barat.

“Intinya, pelaksanaan aplikasi e-Prasum ini untuk memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat,” tandasnya.

Jmy