by

Kelurahan Pluit Berupaya Antisipasi Banjir Di Muara Angke

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Berbagai upaya terus dilakukan jajaran Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, untuk mengantisipasi banjir di kawasan permukiman warga RW 22 Muara Angke.

Hal ini menindaklanjuti prediksi peneliti klimatologi Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin yang menyampaikan potensi banjir akibat hujan dan badai di kawasan Jabodetabek, Rabu (28/12) besok.

Lurah Pluit, Sumarno menuturkan, kawasan RW 22 Pluit selama ini menjadi kawasan langganan banjir rob. Saat banjir rob, genangan setinggi 60 sentimeter terjadi di titik terdalam di kawasan permukiman warga.

“Makanya begitu ada prediksi dari BRIN kami langsung siagakan peralatan dan personel,” ujar Sumarno, Selasa (27/12).

Dijelaskan Sumarno, peralatan yang disiapkan yakni satu unit pompa portable. Mengantisipasi kebutuhan tambahan pompa, Sumarno mengaku sudah berkoordinasi dengan Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Utara agar menyiapkan pompa mobile.

Tak hanya itu, sebanyak 161 petugas PPSU Kelurahan Pluit juga diminta siaga. Bila dibutuhkan, petugas akan melakukan evakuasi dan pembersihan saluran yang tersumbat.

“Untuk evakuasi atau juga distribusi logistik, kita juga sudah siapkan perahu karet dan motor tempel,” tandasnya.

210