by

IKASMANSAGI Gandeng PMI Kabupaten Karo Untuk Aksi Donor Darah

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Jelang reuni akbar Lintas Angkatan Ikatan Alumni SMA Negeri Satu Berastagi (IKA SMANSAGI) ke II (dua) yang akan digelar pada tanggal 29 Desember 2022, di halaman Sekolah SMA Negeri Satu Berastagi jalan Djamin Ginting nomor 12, kali ini Panitia kembali lakukan salah satu agenda aksi sosial donor darah pada hari ini (28/12. 2022) sekira pukul 09.00 WIB di sekolah SMA Negeri 1 Berastagi.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum IKASMANSAGI, Muhammad Dalwan Ginting, SH, Sp.N, Sekretaris Umum (Deni Tarigan, S.Pd dan pengurus Inti lainnya) serta turut dihadiri juga oleh Ketua Panitia Pelaksana reuni akbar 2022 (Jasman Sinuhaji bersama tim kepanitiaan lainnya), Herijon Pinem (Kabid Pengembangan Sumber Daya PMI Karo, Cok Yogantara Tarigan (Kabid. Anggota dan Relawan).

M. Dalwan Ginting mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh IKASMANSAGI ini, sudah beberapa kali dilaksanakan, semoga ini nantinya menjadi agenda rutin kita, iya kalau bisa nantinya per-6 bulan sekali akan kita laksanakan aksi donor darah ini. Dan perlu kita ketahui pula bahwa stok darah di PMI Kabupaten Karo ini tidak cukup, tentunya ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” kata Dalwan Ginting yang juga salah satu dewan kehormatan PMI Kabupaten Karo ini.

Ketua Panitia Pelaksana reuni akbar IKASMANSAGI, Jasman Sinuhaji, disela sela kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat positif, kita lakukan kegiatan donor darah ini untuk saling membantu bagi yang mendonorkan darah maupun bagi yang membutuhkannya, jadi untuk kedepannya agar masyarakat semakin antusiaslah berdonor ini, karena berdonor itu baik dan sehat” harapnya.

Sementara itu, saat ditemui Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karo Farida Ariani Br Pelawi A.Mk., S.Pd.,MM., Kons mengatakan, donor darah ini sangat positif, disamping kita sehat, kita juga sudah membantu orang lain, ingat, setetes darah dapat menyelamatkan jiwa orang lain,” ucapnya.

” Nah yang perlu diketahui masyarakat luas, terutama bagi yang membutuhkan darah atau yang ingin transfusi darah, bahwa masyarakat harus betul – betul melihat ke aslian atau kemurnian darah yang di donor kan, bila mana penerima atau mengambil darah dari pihak lain haruslah di cek asal darah itu, bila tak ada tertulis di kantong darah lebel asal darah tersebut, ini perlu masyarakat hati hati, tapi bila ada di lebelin atau tertulis dari PMI dalam kantong darah tersebut, itu bisa kita pastikan dan jamin ke akuratan darah itu sendiri,” terang Ketua PMI Kabupaten Karo ini.

210