by

Euro NCAP Beri Bintang Lima Keamanan Kia EV6

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Crossover Kia EV6 mobil listrik dianugerahi Bintang Lima oleh Euro NCAP (New Car Assessment Programme), organisasi pengujian keselamatan independen terkemuka di eropa. Bintang Lima adalah nilai maksimum dari hasil penilaian terhadap kredensial keselamatan yang mengesankan.

EV6 mencapai 90% untuk perlindungan penumpang dewasa, 86% untuk perlindungan penumpang anak, 64% untuk pengguna jalan yang rentan termasuk pejalan kaki, dan 87% dalam kategori ‘bantuan keselamatan’, dimana penilaian kendaraan berdasarkan ketersediaan suite komprehensif teknologi penghindaran kecelakaan.

Euro NCAP memuji kompartemen penumpang EV6 karena tetap stabil dalam uji benturan frontal dan memberikan perlindungan yang baik pada lutut dan tulang paha semua penumpang. Pengujian pada kursi depan dan sandaran kepala menunjukkan perlindungan yang baik terhadap cedera whiplash jika terjadi tabrakan dari belakang.

Dalam uji penghalang samping dan uji benturan tiang yang lebih parah, EV6 mencetak poin maksimum, memberikan perlindungan yang kuat pada semua area tubuh kritis pengemudi dan penumpang. EV6 juga mendapat nilai bagus dalam tes penumpang anak, dengan kendaraan melindungi semua area tubuh penting boneka yang mewakili penumpang berusia enam dan sepuluh tahun.

Saat menguji teknologi bantuan keselamatan EV6, Euro NCAP memberi kredit pada kinerja sistem Pengereman Darurat Otomatis (AEB) kendaraan.

Fitur keselamatan lain yang mendapat perhatian oleh EuroNCAP adalah sistem Multi-Collision Braking (MCB) EV6 yang secara otomatis menerapkan rem setelah benturan untuk menghindari tabrakan sekunder, dan sistem eCall yang memperingatkan layanan darurat jika terjadi kecelakaan.

Peringkat keselamatan EV6 diperkuat oleh Platform Modular Listrik-Global (E-GMP) berkekuatan tinggi dan struktur bodi yang kaku.

Keamanan kompartemen penumpang telah ditingkatkan melalui penggunaan baja tarik ultra tinggi yang menyumbang 63,6% dari struktur bodi EV6, sementara hot-stamping ekstensif selama proses produksi menghasilkan kekakuan torsional yang mengesankan sebesar 48,5.

Sebanyak tujuh fitur airbag canggih di EV6, termasuk airbag sisi tengah yang membantu melindungi dari benturan kepala antara pengemudi dan penumpang kursi depan. Semua model EV6 dilengkapi sebagai standar dengan sistem Manajemen Stabilitas Kendaraan (VSM) dan Kontrol Stabilitas Elektronik (ESC) Kia untuk membantu pengemudi mempertahankan kendali saat pengereman dan menikung.

Kia EV6 memang menjadi pembicaraan pencita mobil listrik karena diawal 2022 mencatatakan sejarah di Guinness World Records untuk rekor menjelajah sejauh 4.635,7 km dengan waktu pengisian ulang tersingkat untuk melintassi Amerika Serikat menggunakan kendaraan listrik.

210