Puskesmas Kecamatan Kembangan Komitmen Tekan Kasus Stunting

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Puskesmas Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, terus berinovasi demi menekan kasus stunting di wilayahnya. Salah satunya dengan mendirikan pos gizi di setiap kelurahan.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kembangan, Rosvita Nur Aini mengatakan, pihaknya akan bekerja keras mewujudkan kasus stunting di Kecamatan Kembangan menjadi zero.

“Kasus stunting jadi komitmen SKPD/UKPD yang ada di wilayah Kecamatan Kembangan. Baik itu dari petugas puskesmas, kecamatan, kelurahan dan pihak terkait lainnya,” ujar Rosvita, Rabu (26/7).

Dikatakan Rosvita, dalam tahap awal, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan dalam penanganan masalah stunting. Selanjutnya melakukan upaya mapping agar penanganannya terintegrasi.

“Kami juga bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk memudahkan dan mempercepat penanganan kesehatan di rumah sakit bagi anak yang teridentifikasi masalah gizi,” katanya.

Upaya lainnya yakni dengan membentuk pos gizi di setiap kelurahan yang ada di Kecamatan Kembangan. Saat ini, sambung Rosvita, sudah terdapat tujuh pos gizi yang tersebar di enam kelurahan dan satu pos gizi di Puskesmas Kecamatan Kembangan.

Dengan keberadaan pos gizi tersebut, kader PKK dan petugas Dasawisma yang dikaryakan dapat memonitoring para balita terkait pola makan, tinggi serta berat badan dan lain sebagainya. Tak hanya itu, petugas nantinya juga akan mengedukasi para orang tua tentang makanan bergizi dan bernutrisi yang baik diberikan kepada anak.

“Dengan upaya yang dilakukan kami berharap Kecamatan Kembangan menjadi wilayah bebas stunting,” tandasnya.

210