44 Bus AKAP Di Terminal Lebak Bulus Jalani Ramp Check

BERITA, JAKARTA43 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Untuk memastikan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran, pemeriksaan kendaraan atau ramp check terus dilakukan di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Tercatat, sejak Minggu (23/4) hingga Rabu (26/4), tercatat sebanyak 44 bus AKAP menjalani serangkaian pemeriksaan tersebut.

Kepala Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Jagakarsa, Fachturi mengatakan, ramp check di Terminal Lebak Bulus digelar sejak 14 April 2023 hingga 2 Mei 2023. Setiap hari, disiagakan petugas uji mekanis untuk melakukan serangkaian pemeriksaan bus yang akan menempuh perjalanan ke luar kota dan provinsi.

“Ramp check masih terus kita lakukan. Karena saat ini juga masih banyak warga yang melakukan perjalanan mudik,” ujar Fachturi, Rabu (26/4).

Menurutnya, dari 44 kendaraan yang diperiksa, sembilan di antaranya dinyatakan tidak lulus ramp check lantaran alat pemadam api ringan (APAR) di dalam bus yang telah kedaluwarsa, serta tidak adanya alat pemecah kaca. Pemilik bus disarankan untuk segera melengkapi kekurangan sebelum diberikan izin membawa pemudik.

Koordinator Lapangan UP PKB Jagakarsa, Ade Erwin menambahkan, sebelum melakukan pemeriksaan teknis, pihaknya juga memeriksa persyaratan non teknis seperti, surat kendaraan mulai dari buku kir, SIM, STNK, surat tanda uji kendaraan (STUK) dan kartu pengawasan (KPS).

“Sejauh ini tidak ada kendaraan yang direkomendasikan untuk setop operasi saat dilakukan pemeriksaan ramp check karena umumnya kesalahan yang ditemukan masih dalam kategori ringan dan bisa diperbaiki,” tandasnya.

210