by

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Kehormatan Presiden Japan-Indonesia Association

Berita Tokyo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Presiden Japan-Indonesia Association, Fukuda Yasuo, di Salon Room, Imperial Hotel, Tokyo, Jepang, Rabu (27/07/2022). Fukuda Yasuo juga merupakan mantan perdana menteri Jepang.

“Terima kasih telah meluangkan waktu di tengah jadwal yang sangat padat. Saya senang Yang Mulia sehat,” ujar Fukuda Yasuo di awal perbincangan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto yang turut mendampingi Presiden mengatakan bahwa dalam perbincangan tersebut dibahas soal peran Indonesia di kancah internasional, utamanya sebagai pemegang keketuaan ASEAN pada tahun depan.

“(Pertemuan) mengangkat isu tahun depan Indonesia akan memegang keketuaan ASEAN dan Jepang memegang keketuaan G7,” ujar Airlangga.

Sementara itu, Fukuda Yasuo antara lain mengangkat soal kerja sama sumber daya manusia (SDM).

“Tadi diingatkan oleh Fukuda Yasuo terkait dengan keberadaan Universitas Darma Persada yang menjadi salah satu bagian dari kerja sama SDM Jepang dengan Indonesia,” ujar Airlangga.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menko Ekon Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Sementara itu, hadir bersama Fukuda Yasuo yakni Wakil Presiden Japan-Indonesia Association Kuroda Naoki, Wakil Presiden Japan-Indonesia Association Shiojiri Kojiro, dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji.

210