Pelatihan Public Speaking Digelar DWP DKI Jakarta

BERITA, JAKARTA193 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dharma Wanita Persatuan (DWP) DKI Jakarta, menggelar pelatihan public speaking di Aula PDS HB Jassin, Perpustakaan Jakarta Cikini, Taman Ismail Marzuki, Rabu (26/10). Kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan berbahasa verbal yang efektif dalam berkomunikasi.

Ketua DWP DKI Jakarta, Komariah Marullah mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pengurus dan anggota agar nantinya semaki cakap berbicara di depan umum maupun di tempat unit kepegawaian (UP) masing-masing.

“Kegiatan ini untuk memahami dan mengenal public speaking kepada para pengurus dan anggota. Sebagai istri ASN yang biasa mendampingi suami dalam bertugas, ketika kita diajak berbicara di depan umum menjadi lebih berani dan pesan yang kita sampaikan mudah dipahami,” katanya.

Menurut Komariah, pelatihan ini digagas DWP bidang Pendidikan dan diikuti 100 peserta dengan narasumber Azizah Syafrin Liputo, salah satu pengurus DWP DKI dan Okky Asokawati, mantan model dan pembawa acara.

“Materi yang disampaikan sangat bagus dan mudah dipahami. Semoga usai pelatihan hari ini dapat kita praktikkan secara formal maupun informal,” ujarnya.

Narasumber Okky Asokawati menyampaikan tips dan trick public speaking, diantaranya bagaimana agar lebih percaya diri, ramah, ceria, rileks, cerdas, dan sebagainya.

Menurutnya pembicara yang baik adalah yang bisa dipahami baik oleh pendengar, sehingga cara penyampaian dan penampilan kita sangat penting. Karena itu kemampuan public speaking harus selalu dilatih.

“Penguasaan public speaking dilakukan dengan memperbanyak literasi dan berlatih dalam hal intonasi, gesture tubuh, bahkan mental. Selain itu bagaimana kita juga menguasai topik pembicaraan dan percaya diri,” ungkapnya.

Jmy