by

315 Anak Di Cianjur Dilakukan Pemulihan Psikologis Oleh Tim Tanggap DKI

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com 

Tim Tanggap Darurat DKI Jakarta memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) bagi anak-anak penyintas gempa bumi Cianjur. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan kesehatan mental atau psikologi anak-anak pasca trauma karena kejadian gempa bumi.

Tercatat, sebanyak 315 anak mengikuti LDP selama Tim Tanggap Darurat DKI Jakarta bertugas membantu penanganan bencana gempa bumi di Cianjur.

Ratusan anak ini mengikuti kegiatan di empat lokasi yakni di Pos penyintas Taman Prawatasari Joglo, Pos penyintas Pagi Sore Cibeureum, Posko Dapur Umum Baznas Sarampad dan Posko Puncak Manis.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD DKI Jakarta, M Ridwan mengatakan, layanan LDP memberikan suasana senang pada anak-anak dan remaja tanpa memikirkan kondisi yang mereka alami saat ini. Sehingga diharapkan, trauma pascabencana yang dialami mereka dapat perlahan hilang.

“Diharapkan mereka bisa beraktivitas dan melakukan kegiatan seperti anak-anak pada umumnya atau sebelum bencana terjadi, sehingga mereka bisa melupakan kejadian yang dialami,” ungkap Ridwan, Sabtu (26/11).

Ridwan menambahkan, selama LDP ini Tim Tanggap Darurat DKI Jakarta melakukan terapi bermain, bernyanyi, dan membagikan boneka serta mainan kepada 315 anak-anak.

“Tim juga melakukan relaksasi fisik kepada pria dewasa yang merasakan capai dan lelah supaya mereka nyaman dan fresh setelah dipijat,” pungkas Ridwan.

210