Lembaga Adat & Kearifan Lokal Desa Sempajaya Sah Dilantik Bupati Karo

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintahan Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo lakukan pengukuhan/pelantikan Pengurus Lembaga Adat & Kearifan Lokal Desa Sempajaya, Selasa (26/12.2023) sekira pukul 10.30 WIB di Jambur/Lost Desa Sempajaya Berastagi yang dihadiri oleh Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang bersama Anggota DPRD Karo dan Pengurus Partai Gerindra Thomas J Ginting.

Awal kegiatan ini, panitia pelantikan membacakan nama – nama Pengurus dan bidang – bidang yang terlibat dalam Lembaga Adat dan Kearifan Lokal Desa Sempajaya, yang mana Pengurus terpilih sebagai Ketua adalah Tenang Sari Purba
Sekretari, Baskita Depari dan Bendahara, Endang Taruna Ginting. Dan saat itu juga dilakukan langsung pengukuhan oleh Bupati Karo dengan membacakan Sumpah dan Janji para Pengurus yang terpilih sekaligus Kepala Desa (Kades) Sempajaya menyerahkan bendera Merah Putih dan Bendera Pataka setelah usainya pembacaan Sumpah dan Janji.

Dalam sambutan Kades Sempajaya, Meliala Purba awalnya menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati Karo, karena setiap kami mengundang Bupati ke Desa kami, tidak pernah absen, selalu hadir dan kami tentu selalu bersama dan ada di samping Ibu Bupati, dan kami berdoa tetap sehat, panjang umur, dimana untuk diketahui Ibu Bupati bahwa Lembaga Adat ini, bagi kami sangat penting dan perlu dilestarikan karena saat ini Budaya Adat Istiadat Karo sudah jarang di mengerti oleh para Generasi Muda, maka awalnya kita bentuk ini sesuai dengan hasil musyawarah Desa baik dari Pemerintahan Desa Tokoh Tokoh Masyarakat Desa Sempajaya.

“Jadi kegiatan ini, dari Anggaran Desa mengizinkan setiap kegiatan Lembaga Adat ini dapat diambil dari Anggaran Desa, dimana nanti penggunaan dan besaran anggarannya kita tampung, nanti akan kita musyawarahkan bersama sesuai mekanisme yang ada, agar kegiatan Lembaga Adat ini dapat berjalan lancar, jangan nanti ini hanya sebagai kegiatan seremonial saja. Namun saya yakin kegiatan ini nantinya bisa membawa kebaikan di tengah – tengah masyarakat khusunya di Desa Sempajaya dan umumnya masyarakat Kabupaten Karo. Maka dimana kita tidak tahu nantinya mari kita berkolaborasi agar tidak menyalahi atau melanggar aturan dari Lembaga Adat kita,dan terimakasih banyak atas kehadiran Bupati Karo yang mau melantik Pangurus Lembaga Adat ini, karena Bupati kami anggap sebagai Inspirator bagi kami,” ujar Kades yang disambut tepuk tangan yang meriah dari audiens.

Perwakilan Ketua Adat Kabupaten Karo Kenan Ginting sangat mengapresiasi pemerintahan Desa Sempajaya teruma kepada Kepala Desa Sempajaya, Meliala Purba yang telah melakukan kegiatan pembentukan Lembaga Adat Karo ini, dan ini sangat luar biasa karena pelantikan tingkat Desa saja langsung dihadiri oleh Bupati Karo, ini tidak pernah saya lihat. Saya Salut dan berterimakasih kepada Ibu Bupati Karo yang telah hadir melantik langsung,” ucapnya, yang disambut tepuk tangan meriah.

“Lantas saya berharap bahwa kegiatan ini bisa di contoh dan dilakukan di setiap Desa yang ada di Kabupaten Karo ini, harapan kita kedepannya Legislatif dan eksekutif Kabupaten Karo kiranya dapat membuat satu aturan yang di Undangkan dalam sebuah aturan yang jelas atau semoga dapat di Perdakan nantinya. Jadi mari kita semua menjadi garam dan terang di Desa ini khususnya dalam Lembaga Adat dan Kearifan Lokal Desa Sempajaya ini. Jadi sekali lagi selamat buat Anda yang sudah dilantik dan apapun nanti kira – kira yang diperlukan jangan sungkan sungkan, silahkan tanyakan kepada kami, agar kita bisa melestarikan dan menjaga Adat Budaya Karo ini,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang juga bangga dan luar biasa Kades Sempajaya yang membentuk Lembaga Adat dan Kearifan Lokal Desa Sempajaya ini, jadi saya terimakasih juga kepada masyarakat Sempajaya, karena kita tadi telah melantik Lembaga Adat Sempajaya yang dapat mempersatukan warga di Lembaga Adat ini. Kekuatan yang tertinggi di Kabupaten Karo ini adalah Adat yang mana Lembaga Adat ini yang tertinggi disinilah kekuatan Adat yang berbeda latar belakang, namun di Lembaga Adat ini bisa semua masalah kita selesaikan dengan baik.

“Kebersamaan kita di Lembaga Adat ini sangat berpengaruh di Desa, semua itu di pimpinan seorang Kepala Desa, karena Adat Budaya Karo punya andil besar dalam mengambil keputusan, sekali lagi saya percaya kepada Bapak Ibu di dalam kepengurusan Lembaga Adat yang dilantik tadi bisa membawa harum Desa kita. Selamat dan sukses bagi pengurus Lembaga Adat ini, lanjutkan dan teruskan jangan saling curiga mencurigai, mengambil satu keputusan tentu tidak mudah dan kita tahu hasilnya tidak semua menerima dengan baik, namun untuk kebersamaan semua masalah di Desa dan dimanapun dapat diselesaikan dengan baik terlebih di Desa Sempajaya ini,” ujar Cory Sebayang.

Dalam acara ini, selain Bupati Karo, juga turut dihadiri oleh Anggota DPRD Karo, Pujiati Ginting, Perwakilan Lembaga Adat Karo Kenan Ginting, Kapolsekta Berastagi, Kompol V. Simanjuntak, Perwakilan Danramil 03/BT, Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo, tokoh Adat, tokoh Masyarakat, Para Caleg Kabupaten Karo diantaranya Thomas J Ginting, Miltra Sembiring, dan tamu undangan lainnya, serta dikegiatan akhir usai pelantikan tersebut dilanjutkan dengan hiburan musik bersama artis lokal.

(David)