by

Proyek Rua Al Madinah Jadikan Madinah Kota Modern Ramah Lingkungan Untuk 30 Juta Jamaah Umroh

Berita Internasional, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pangeran Muhammad bin Salman kemarin meluncurkan Proyek Rua Al Madinah yang akan mengembangkan kawasan yang terletak di sebelah timur Masjid Nabawi. Di bawah proyek ini, Madinah akan memiliki kapasitas yang cukup untuk menyambut 30 juta jemaah umrah setiap tahun.

Proyek Rua Al Madinah akan memiliki luas 1,5 juta meter persegi dengan luas lantai terbangun 4,9 juta kaki persegi. Sebanyak 47.000 kamar hotel baru akan dibangun dengan kapasitas 149.000 jamaah per hari. Sebuah mega proyek yang juga akan menciptakan 93.000 lapangan kerja.

Selain menciptakan kawasan perkotaan modern di Madinah, proyek ini juga akan menjadi template pembangunan masa depan yang modern namun juga ramah lingkungan. Akan dibangun dengan ruang pejalan kaki yang luas sehingga jamaah bisa berjalan dengan nyaman ke Masjid Nabawi. Ada rute khusus untuk kendaraan angkutan umum dan pod yang dapat mengemudi sendiri.

Angkutan kereta api juga akan dibangun dengan ruang parkir bawah tanah sehingga kendaraan tidak terlihat di pinggir jalan. Sepanjang jalan akan ada kanopi yang melindungi peziarah dari terik matahari.

Rua Al Madinah merupakan salah satu dari berbagai proyek modernisasi yang dilakukan oleh Arab Saudi untuk mengubah citra negara yang lebih dikenal sebagai produsen minyak bumi. Proyek Line yang merupakan bangunan terbesar di dunia, taman hiburan air The Rig dan resor Coral Bloom juga diumumkan sebelumnya di bawah visi 2030 Arab Saudi.

Sumber – Rua Al Madinah Project

210